Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daniel Mananta Punya Tradisi 24 Jam Tanpa Gawai, untuk Waktu dengan Anak

Kompas.com - 09/12/2022, 19:59 WIB
Cynthia Lova,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembawa acara Daniel Mananta memiliki cara tersendiri untuk membangun kedekatan dengan anak-anaknya.

Sebagai informasi, Daniel dan Viola Mananta memiliki dua anak, Mila dan Noam.

Tradisi yang dilakukan Daniel adalah dengan tak menggunakan gawai selama 24 jam mulai Jumat sore. Daniel menamakan tradisi itu sebagai Simple Saturday.

“Menjadi tradisi di keluarga gue nanti jam 18.00 off WhatsApp. Actually matiin handphone sampai besok jam 18.00 hari Sabtu. Benar-benar 24 jam tanpa handphone sama sekali,” ujar Daniel Mananta di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Jumat (9/12/2022).

Baca juga: Kolaborasi Daniel Mananta dan Lukman Sardi di Program Ayah, Bagaimana Bila Aku

“Anak-anak gue juga tahu begitu malam ini sampai besok kan jam 06.00 kita main Simple Saturday, tidak ada yang main elektronik sama sekali,” lanjut Daniel.

Selama tidak memegang gawai, Daniel dan anak-anaknya harus menghabiskan waktu bersama.

“Di situ kita main playbook, mau gambar-gambar, mewarnai bareng, mau main petak umpet, mau main sepeda, lari. Whatever kita bisa lakukan semaunya tapi yang pasti tidak ada iPad, handphone atau tablet apapun juga,” kata Daniel.

Baca juga: Daniel Mananta Beberapa Kali Ditolak Bintang Tamu gara-gara Hal Ini

Ketika tak memegang gadget selama 24 jam itu, Daniel jadi lebih mengenal dekat anaknya. Bahkan, tak jarang anaknya hendak bercerita padanya.

Menurut Daniel, cara itu bagus dilakukan agar tak ada jarak antara ayah dan anak.

“Di situ gue benar-benar fokus sama mereka dan di situ oh my godness gue tahu anak gue ngomong jorok apa di situ, di momen itu. Tahu mereka lagi bermasalah sama siapa, gue tahu mereka lagi di bully sama siapa, teman dekat siapa,” ucap Daniel.

“Anak gue yang cowok bisa gue tanyain ‘lu lagi naksir sama siapa.’ (Dia bilang) ‘ada teman gue lagi naksir sama gue’,” tutur Daniel bercerita.

Baca juga: Daniel Mananta Sempat Diusir Satpam gara-gara Syuting Sweat and Chat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com