Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nasib Raisa dan BLACKPINK Tidak Boleh Konser di GBK hingga Alasan FIFA

Kompas.com - 02/12/2022, 11:38 WIB
Cynthia Lova,
Dian Maharani

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Girl band BLACKPINK dan penyanyi Raisa tidak boleh menggelar konser di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK).

Nasib konser mereka akhirnya ditentukan oleh Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA).

Sebelumnya, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mengirim surat kepada FIFA yang menginformasikan adanya penggunaan 6 stadion yang akan dipakai untuk Piala Dunia U-20 2023 di luar untuk kepentingan sepak bola.

FIFA kemudian membalas surat PSSI yang diunggah di laman pssi.org pada 30 November 2022.

Baca juga: Konser Raisa di GBK: Tiket, Harga, dan Jadwal

“Setelah berkonsultasi dengan manajemen lapangan FIFA, kami menginformasikan, bahwa kami tidak dapat menyetujui jadwal yang sudah dijadwalkan,” ujar Christian Schmolzer, Men’s Tournament Manager FIFA dikutip Kompas.com dari laman pssi.org.

Surat balasan dari FIFA soal tidak boleh gelar konser di GBK. Konser BLACKPINK dan Raisa dipastikan tidak boleh digelar di GBK pada 2023.pssi.org Surat balasan dari FIFA soal tidak boleh gelar konser di GBK. Konser BLACKPINK dan Raisa dipastikan tidak boleh digelar di GBK pada 2023.

Alasan FIFA

Dalam suratnya, Christian mengatakan, menggelar dua konser dengan berbagai persiapan dan pembongkaran di Stadion Utama GBK bisa menyebabkan lapangan stres.

“Tentu ini akan membuat lapangan menjadi stres yang akan menghalangi kami untuk menerapkan program manajemen lapangan sesuai rencana,” kata Christian.

Christian mengatakan, penggunaan stadion untuk konser itu sangat kontradiktif dengan insvestasi anggaran dari pemerintah untuk menyediakan lapangan sepak bola berkualitas tinggi.

Baca juga: Kemungkinan GBK Jadi Venue Konser BLACKPINK dan Raisa Usai Direnovasi

“Mengingat investasi signifikan yang telah disetujui pemerintah untuk dibelanjakan dalam menyediakan lapangan sepak bola berkualitas tinggi, akan menjadi kontradiktif dengan membiarkan acara ini berlangsung sedekat mungkin dengan turnamen,” tutur Christian.

FIFA melarang menggunakan enam stadion yang akan digunakan untuk Piala Dunia U20 2023.

Enam stadion tersebut yakni SUGBK, Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Stadion Si Jalak Harupat, Stadion Manahan, Stadion Gelora Bung Tomo, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta.

Girl group BLACKPINK (dari kiri) Rose, Jennie, Jisoo, dan Lisa, menghadiri MTV VMA 2022 di Prudential Center, Newark, New Jersey, pada 28 Agustus 2022. Pada 15 Oktober 2022, BLACKPINK membuka tur dunia Born Pink dari Seoul.AFP/GETTY IMAGES NORTH AMERICA/JAMIE MCCARTHY Girl group BLACKPINK (dari kiri) Rose, Jennie, Jisoo, dan Lisa, menghadiri MTV VMA 2022 di Prudential Center, Newark, New Jersey, pada 28 Agustus 2022. Pada 15 Oktober 2022, BLACKPINK membuka tur dunia Born Pink dari Seoul.

Belum ada respons Raisa dan promotor BLACKPINK

Sampai saat ini pihak Raisa dan BLACKPINK belum menanggapi soal larangan konser di Stadion Utama GBK ini.

Raisa dijadwalkan menggelar konser pada 25 Februari 2023.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com