BRIN
Badan Riset dan Inovasi Nasional

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) adalah lembaga pemerintah yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden Republik Indonesia. BRIN memiliki tugas menjalankan penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan, serta invensi dan inovasi yang terintegrasi.

Belajar Komunikasi Budaya dari Jungkook BTS

Kompas.com - 24/11/2022, 08:45 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Ayu Pravita Sari*

AJANG Piala Dunia (FIFA World Cup) 2022 baru saja dimulai. Salah satu yang membuat gempar perhelatan ini adalah hadirnya penyanyi Jungkook pada Opening Ceremony di Stadion Al Bayt Qatar.

Personel grup vokal asal Korea Selatan Bangtan Sonyeondan atau BTS tersebut berhasil menjadi pengisi soundtrack resmi World Cup berjudul “Dreamers”.

Jungkook membawakan lagu tersebut secara langsung bersama penyanyi lokal Qatar, Fahad Al-Kubaisi. Kolaborasi dua penyanyi berbeda negara tersebut sukses memukau publik dunia.

Kesuksesan Jungkook di panggung piala dunia mendapat perhatian karena pertama kalinya penyanyi Asia tampil membawakan lagu resmi Piala Dunia.

Hal ini tentu tidak lepas dari track record yang sudah dibangunnya bertahun-tahun bersama BTS melalui musik K-Pop. Sebuah keberhasilan dari komunikasi antarbudaya yang telah memikat ribuan hati penggemarnya.

Jungkook tampil tanpa cela dengan pembawaan, kostum, dan ciri khasnya yang selama ini dikenal oleh K-Popers.

Pada pembukaan Piala Dunia tersebut Jungkook menjadi representasi tidak adanya batas budaya antarwarga dunia.

Komunikasi antarbudaya merupakan proses pertukaran “pesan” yang terjadi antara orang-orang yang memiliki kebudayaan berbeda-beda, baik ras, etnik, sosial ekonomi, maupun gabungan dari semua hal tersebut.

Komunikasi antarbudaya terus berkembang, apalagi saat ini orang dapat dengan leluasa berkomunikasi karena adanya perkembangan teknologi.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.