Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chris Hemsworth Ungkap Kemungkinan Idap Alzheimer, Putuskan Vakum?

Kompas.com - 20/11/2022, 11:14 WIB
Vincentius Mario,
Rintan Puspita Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aktor Chris Hemsworth mengumumkan kemungkinan besar dirinya mengidap penyakit Alzheimer.

Dalam National Geographic's Limitless with Chris Hemsworth, aktor berusia 39 tahun itu menjalani pengujian genetik dan mengetahui tentang kemungkinan tersebut.

Seorang dokter, dalam episode kelima yang bertajuk Memorys, memberi tahu Hemsworth bahwa dia memiliki dua salinan gen APOE4, yang dikaitkan dengan peningkatan risiko Alzheimer.

"Mereka mengambil semua darah saya dan melakukan banyak tes dan rencananya memberi tahu saya semua hasilnya di depan kamera," kata Hemsworth dilansir People, Minggu (20/11/2022).

Baca juga: Ternyata Ada Satu Keluarga Chris Hemsworth Muncul di Film Thor: Love and Thunder, Siapa Saja?

"Peter Attia, dokter dalam episode itu, menelepon Darren (Aronofsky) dan berkata, 'Saya tidak ingin mengatakan ini kepadanya di depan kamera. Kita perlu lakukan percakapan pribadi dan lihat apakah dia ingin ini diumumkan'," lanjut Hemsworth.

Tes mengungkapkan bintang film Thor itu punya kemungkinan besar mengidap Alzheimer di masa depan.

"Show yang awalnya seperti bicara soal umur panjang, kini menjadi lebih relevan dan penting bagi saya. Bahkan lebih pedih daripada yang pernah saya pikirkan," ucap Hemsworth.

Kakek Hemsworth juga menderita Alzheimer. Hemsworth mengaku tak terkejut saat mengetahui kemungkinan tersebut.

Baca juga: Anak Chris Hemsworth Muncul dalam Film Thor: Love and Thunder

Namun, Hemsworth tidak ingin menggunakan penyakitnya untuk memperoleh empati atau trafik lewat layar kaca.

"Saya tidak ingin memanipulasinya dan mendramatisasinya secara berlebihan, dan menjadikannya semacam tipu muslihat, empati, atau apa pun, untuk hiburan," ujar Hemsworth.

Hemsworth menganggapnya sebagai kesempatan untuk membuat perubahan hidup yang positif.

"Jika Anda melihat langkah-langkah pencegahan Alzheimer, itu mempengaruhi sisa hidup Anda. Itu semua adalah alat yang sama yang perlu diterapkan secara konsisten," ungkap Hemsworth.

Meski begitu, Hemsworth tak menampik, membaca berita tentang penyakit Alzheimer berdampak ke sisi psikologis dan emosionalnya.

"Sebagian besar dari kita suka menghindari pembicaraan tentang kematian dengan harapan kita akan menghindarinya. Kita semua memiliki keyakinan bahwa kita akan mengetahuinya," ucap Hemsworth.

Kondisinya itu membuat Hemsworth mempertimbangkan untuk mengambil cuti dari dunia hiburan. 

“Itu benar-benar memicu sesuatu dalam diri saya untuk ingin mengambil cuti,” ujarnya.

“Dan sejak kami menyelesaikan pertunjukan, saya telah menyelesaikan hal-hal yang sudah saya kontrak untuk dilakukan. Sekarang ketika saya menyelesaikan tur ini minggu ini, saya akan pulang dan saya akan memiliki banyak waktu istirahat dan hanya menyederhanakan. Bersama anak-anak, bersama istri saya," lanjut Chris Hemsworth. 

Menurut Deadline, aktor tersebut telah menyelesaikan syuting untuk peran berikutnya dalam Extraction 2 dan spin-off Mad Max Furiosa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com