Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perselingkuhan Andrew Parker Disebut sebagai Pemicu Kembalinya Camilla pada Raja Charles III

Kompas.com - 18/11/2022, 17:52 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

KOMPAS.com- Musim kelima The Crown yang sangat dinanti-nantikan telah keluar, dan kali ini drama Netflix yang terinspirasi realitas mencakup tahun 90-an dari kehidupan Pangeran dan Putri Wales.

Tapi hubungan mereka bukan satu-satunya yang berakhir selama dekade itu. Camilla, permaisuri saat ini dan istri Raja Charles III, juga menceraikan pasangan pertamanya, Andrew Parker Bowles.

Bersama dengan The Crown season lima, muncul kembali cerita lain tentang Andrew Parker Bowles itu sebelum akhirnya bercerai dan membuat Camilla kembali ke pelukan Raja Charles III.

Lantas seperti apa cerita tentang Andrew? Andrew diketahui pernah berpacaran dengan putri Ratu Elizabeth, Anne.

Baca juga: Dilempar Telur di Depan Umum, Respons Raja Charles III dan Camilla Jadi Sorotan

Namun hubungan itu tak berlanjut. Dalam "Pangeran Charles: The Passions and Paradoxes of an Improbably Life," penulis biografi Sally Bedell Smith mencatat bahwa karena Parker Bowles beragama Katolik, dia tidak mungkin untuk menikahi Anne.

Akhirnya di tahun 1973, dia menikah dengan mantan kekasihnya, yang kini dikenal sebagai istri Raja Charles III, Camilla.

Dari pernikahan itu mereka memiliki dua orang anak, Tom lahir tahun 1974 dan Laura lahir tahun 1978.

Sebelum mereka bercerai pada tahun 1995, sebuah skandal yang disebut "Camillagate" pecah di tahun 1992, yang melaporkan panggilan telepon larut malam antara Charles dan Camilla.

Setelah itu, masyarakat luas menjadi sadar akan perselingkuhan tersebut.

Baca juga: Raja Charles III Disebut Menyesali Hal Ini di Pemakaman Putri Diana

Namun, kabarnya bukan ini alasan resmi di balik perpisahan Camilla dengan Andrew.

Jurnalis Petronella Wyatt mengklaim bahwa Camilla "sangat jatuh cinta dengan Parker Bowles" tapi Andrew juga yang memainkan peran penting dalam membawa Camilla menjadi lebih dekat dengan suaminya yang sekarang, Charles.

"Berlawanan dengan persepsi publik tentang Camilla sebagai perusak pernikahan, suaminyalah yang mulai berselingkuh," kata Wyatt.

Setelah menikah dan punya anak, Camilla bahkan tidak tahu dimana atau dengan siapa suaminya selama seminggu itu.

Perselingkuhan Andrew membuat Camilla merasa hancur dan tidak diinginkan, menurut Wyatt.

Dia mengatakan kepada Daily Mail bahwa Camilla kemudian "mencari penghiburan pada pria yang lebih membutuhkannya."

Setelah bercerai, Andrew kemudian diketahui menikahi kekasihnya Rosemary Pitman pada tahun 1996 dan pasangan itu menikah sampai kematiannya pada tahun 2010.

Sementara itu, Parker Bowles diketahui lulus dari Royal Military Academy Sandhurst dan bergabung dengan Royal Horse Guards, sebuah resimen calvary dari Angkatan Darat Inggris, sesuai dengan resimen Blues and Royals dari Royal Horse Guards.

Dia kemudian menjadi Officer of the Most Excellent Order of the British Empire (OBE) dan pensiun pada tahun 1994, menurut London Gazette, setelah mencapai pangkat brigadir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com