Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rekomendasi Film tentang Tokoh Pahlawan Indonesia

Kompas.com - 10/11/2022, 21:42 WIB
Erfransdo,
Rheisnayu Cyntara

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Setiap tanggal 10 November, masyarakat Indonesia selalu memperingati Hari Pahlawan Nasional dalam beragam cara.

Sudah cukup banyak sineas yang mengangkat kehidupan para pahlawan di Indonesia ke dalam sebuah layar lebar untuk memperingati jasa-jasa para pahlawan.

Berikut ini merupakan lima rekomendasi film tentang tokoh pahlawan Indonesia yang dapat Anda saksikan.

Baca juga: Sinopsis The Arrangement, Upaya Meninggalkan Masa Lalu

1. Darah Garuda

Film garapan sutradara Yadi Sugandi ini menceritakan tentang empat pemuda kadet yang bergerilya di pulau Jawa sepanjang tahun 1947.

Sekelompok kadet tersebut bersatu demi melancarkan serangan ke kamp tawanan milik Belanda, dengan misi untuk menyelamatkan para perempuan yang mereka cintai.

Mereka kemudian terhubung dengan kantor pusat Jenderal Soedirman untuk mengemban tugas rahasia yang berada di belakang garis musuh di Jawa Barat.

Tugas tersebut adalah menyerang dengan gaya komando yang dilakukan untuk membalikkan perlawanan pemberontak yang dipimpin oleh Jenderal Van Mook.

Baca juga: Sinopsis Karena Aku Sayang, Sinetron Terbaru di RCTI

2. Jenderal Soedirman

Kisahnya dimulai ketika Belanda menyatakan secara sepihak bahwa mereka tidak lagi terikat dengan Perjanjian Renville, dan menghentikan gencatan senjata.

Pada tanggal 19 Desember 1948, Panglima Angkatan Darat Jenderal Spoor Noord Simons memimpin agresi militer II untuk menyerang Yogyakarta, ibu kota Republik Indonesia saat itu.

Saat itu, Belanda kemudian menangkap Soekarno-Hatta dan mengasingkannya ke pulau Bangka.

Jenderal Soedirman dengan gagahnya memimpin perang gerilya selama tujuh bulan melawan Belanda meskipun dirinya sedang menderita penyakit TBC.

Baca juga: Sinopsis Get Ur Dream, Mewujudkan Mimpi secara Instan

3. Soekarno: Indonesia Merdeka

Film ini mengikuti kehidupan Soekarno, presiden pertama Republik Indonesia, dari masa kecilnya hingga ia berhasil memproklamasikan kemerdekaan Indonesia bersama M. Hatta pada 1945.

Pada 1942, pemerintah Hindia Belanda di Pulau Jawa menangkap Soekarno, seorang pemuda bercita-cita tinggi yang ingin membebaskan Indonesia dari penjajahan.

Dia kemudian dimasukkan ke dalam Penjara Banceuy di Bandung, Indonesia.

Alih-alih meratapi, Soekarno menemukan cara untuk melawan dengan orasi pembelaannya yang terkenal "Tuduhan Indonesia!" dalam persidangannya di Pengadilan Negeri Bandung Laandraad.

Baca juga: Sinopsis New Life Begins, Hidup Baru yang Tak Terduga

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com