Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/10/2022, 12:12 WIB
Vincentius Mario,
Rintan Puspita Sari

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - ANDREAH, penyanyi dan penulis lagu asal Filipina, punya cara sendiri membangun proses kreatif dalam menciptakan lagu-lagunya.

Penyanyi berusia 20 tahun itu mengatakan, momen patah hati adalah salah satu inspirasi terbesarnya menciptakan lagu.

"Biasanya apabila sesuatu terjadi pada saya, saya sedang sakit hati, atau saya sedang ada masalah dengan teman, sesuatu yang terjadi dalam hidup saya justru jadi bagian besar dalam inspirasi saya menciptakan musik," kata ANDREAH dalam wawancara eksklusif bersama Kompas.com di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (30/9/2022).

"Kesedihan, emosional itu sangat mudah menjadi lagu," sambungnya.

Baca juga: Konser The Script di Bandung Akan Dibuka Penyanyi Filipina Andreah

Melalui lagu, rasa sedih ANDREAH tercurahkan dan dirinya menjadi sedikit merasa tenang.

"Karena pengalaman patah hati itu penuh dengan luka. Lagu itu semacam cara untuk mengungkap patah hati mendalam. Jadi aku menuangkan itu dalam musik," lanjut ANDREAH.

Nama ANDREAH mulai mencuat ketika terpilih menjadi penampil pembuka atau opening performer dalam The Script Greatest Hits Tour 2022.

Pelantun "Best Friend" itu menyebut The Script adalah salah satu band yang mengiringi perjalanan karier musiknya sejak usia 13.

“Saya mulai terjun sebagai profesional, merilis lagu sendiri, mulai umur 13 tahun. The Script menjadi salah satu pijakan saya. Lagu-lagunya mengiringi perjalanan saya,” ungkap ANDREAH.

"Mereka sangat keren. Saya tumbuh bersama musik The Script. Musik mereka bagus sekali. Saya pernah nonton pas umur 12 tahun. 'I love you guys, you are my hero'. Saya pikir saya kini telah menghidupi mimpi saya hingga bisa sepanggung bareng The Script," lanjutnya.

Selain The Script, ANDREAH pernah menjadi artis pembuka di banyak konser musisi besar seperti Sam Smith, Air Supply, 911, The Hara dan Roadtrip.

ANDREAH juga pernah tampil di beberapa festival besar dunia, di antaranya adalah Neon Lights (Singapura), Party in the Park (Dubai), London Barrio Fiesta (Inggris) dan It’s A Girl Thing (Filipina).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com