Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagu Thinking Out Loud Dituding Menjiplak Marvin Gaye, Ed Sheeran Harus Bersiap Hadapi Persidangan

Kompas.com - 30/09/2022, 08:09 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

KOMPAS.com- Ed Sheeran, penyanyi dan penulis lagu asal Inggris ini harus menghadapi persidangan juri atas dugaan bahwa lagunya "Thinking Out Loud" mencuri bagian kunci dari lagu klasik Marvin Gaye tahun 1973 "Let's Get It On".

Pengacara Sheeran berpendapat bahwa gugatan, yang diajukan oleh entitas yang memiliki sebagian saham dalam lagu terkenal Gaye tahun 1973, SAS itu tidak valid.

Ini karena kombinasi elemen sederhana yang diduga dicuri penyanyi itu tidak cukup unik untuk dilindungi oleh hak cipta di tempat pertama.

Namun dalam putusan pada hari Kamis (29/9/2022), Hakim Louis Stanton mengatakan tidak ada aturan batas yang jelas untuk memutuskan pertanyaan semacam itu dan bahwa bintang pop itu perlu membuat argumennya di hadapan juri.

Baca juga: Ed Sheeran dan Istri Sambut Kelahiran Anak Kedua

"Tidak ada aturan batas jelas bahwa kombinasi dua elemen yang tidak dapat dilindungi tidak cukup banyak untuk membentuk sebuah karya asli," tulis hakim,

"Sebuah karya dapat memiliki hak cipta meskipun itu sepenuhnya merupakan kompilasi dari elemen-elemen yang tidak dapat dilindungi," lanjutnya.

Keputusan tersebut yang kemudian menetapkan adanya persidangan untuk Ed Sheeran di gedung pengadilan federal Manhattan, meskipun tanggalnya belum ditetapkan.

Stanton mengatakan juri harus memutuskan apakah kedua lagu tersebut secara substansial serupa.

"Meskipun kedua komposisi musik itu tidak identik, juri dapat menemukan bahwa tumpang tindih antara kombinasi progresi akord dan ritme harmonik lagu-lagu itu sangat dekat," kata Stanton.

Baca juga: B.I Gabung dengan Agensinya Ed Sheeran dan Coldplay

Dalam perintahnya, Stanton juga memutuskan bahwa juri harus memutuskan apakah SAS (Structured Asset Sales) dapat memasukkan pendapatan konser Ed Sheeran sebagai ganti rugi untuk mereka.

Sementara itu, Sheeran saat ini berpengalaman dalam hukum hak cipta.

Baru-baru ini Ed Sheeran berhasil mengalahkan gugatan serupa di Inggris yang mengklaim bahwa dia mencuri untuk lagu terkenalnya "Shape of You".

Setelah kasus itu berakhir, dia memberi tahu penggemar bahwa "tuntutan hukum bukanlah pengalaman yang menyenangkan" dan berharap bisa menghindari "klaim tak berdasar" di masa depan.

Terlepas dari lagu "Shape of You" yang berhasil dimenangkannya, Ed Sheeran telah cukup lama dirundung pertanyaan apakah 'Thinking Out Loud' meminjam terlalu banyak kunci dari 'Let's Get It On.'

Setelah dia terkena gugatan ini pada tahun 2018, pengacara Sheeran berpendapat bahwa elemen yang dia duga diambil dari lagu Gaye, progresi akord dan ritme harmonik, terlalu biasa untuk menjadi milik eksklusif dari satu penulis lagu.

Mereka mengutip sejumlah lagu lain, termasuk "Since I Lost My Baby" oleh The Temptations, yang menampilkan aspek serupa.

Perlindungan hak cipta yang diberikan untuk lagu-lagu semacam itu sangat lemah, tetapi Hakim Stanton mengatakan juri mungkin masih dapat menemukan bahwa lagu Sheeran cukup mirip, sehingga melanggar lagu Gaye.

Sementara itu, ahli waris Gaye yang menjadi terkenal ketika mereka berhasil menggugat Robin Thicke dan Pharrell Williams atas tuduhan bahwa “Blurred Lines” melanggar “Got To Give It Up" tidak memiliki keterlibatan dalam kasus yang diajukan terhadap Sheeran.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com