Kompas.com - 29/09/2022, 09:40 WIB

KOMPAS.com- Ratu Margrethe II dari kerajaan Denmark telah memutuskan untuk mencabut gelar pangeran dan putri serta 'Yang Mulia' dari keempat cucunya.

Diumumkan istana pada hari Rabu (28/9/2022), sebagai ganti dari dicabutnya gelar itu, anak-anak Pangeran Joachim, putra kedua Ratu, akan dikenal sebagai His Excellency COunt of Monpezat atau Her Excellency Countess of Monpezat mulai 1 Januari 2023.

Meskipun gelar itu dicabut, keempat cucu itu adalah Nikolai (23), Felix (20), Henrik (13), dan Athena (10) mempertahankan tempat mereka dalam urutan suksesi.

Baca juga: Raja Charles III Disebut Berencana Mengasingkan Pangeran Harry dan Meghan Markle, Kenapa?

Mereka saat ini berada di urutan ketujuh hingga kesepuluh dalam garis takhta.

"Dengan keputusannya, Yang Mulia Ratu ingin menciptakan kerangka kerja bagi keempat cucu untuk dapat membentuk kehidupan mereka sendiri ke tingkat yang jauh lebih besar," kata istana dalam pernyataannya.

"Tanpa dibatasi oleh pertimbangan dan tugas khusus yang berafiliasi formal dengan Royal House of Denmark. sebagai institusi yang terlibat," sambung mereka.

Nikolai dan Felix adalah putra Pangeran Joachim dan istri pertamanya, Alexandra, Countess of Frederiksborg.

Baca juga: Sikap Pangeran Harry pada Meghan Markle Jadi Sorotan Saat Bersama Pangeran William dan Kate Middleton

Pangeran Joachim menikah lagi dengan Putri Marie pada 2008, dan mereka kemudian menyambut Henrik dan Athena.

Keputusan itu tidak berlaku untuk keempat anak Putra Mahkota Frederik, yang merupakan pewaris takhta, bersama istrinya, Putri Mahkota Mary.

Tidak seperti sepupu mereka, Pangeran Christian (16), Putri Isabella (15), dan si kembar berusia 11 tahun, Pangeran Vincent dan Putri Josephine, keduanya akan terus menjadi bagian dari keluarga kerajaan.

Halaman:
Sumber People

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.