Kompas.com - 26/09/2022, 22:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Institut Prancis Indonesia kembali menggelar Festival Sinema Prancis (FSP) dalam format hybrid mulai 6 hingga 21 Oktober 2022.

Di bawah tema GENERATION, FSP bakal menampilkan 19 film yang diputar di 21 lokasi yang tersebar di 13 kota di Indonesia. Selain itu, ada 5 film Prancis yang dapat diakses secara gratis lewat Mola TV.

Atase kebudayaan Prancis IFI Charlotte Esnou, mengungkap alasan memilih tema GENERATION pada FSP kali ini.

"Kami sesuaikan ke penonton. Selama ini ada stigma di mana film Prancis terlalu berat, susah dipahami. Nah di sini kami ingin ubah. Bahwa film Prancis tidak selamanya ditonton sineas, sinefil, tapi bisa ke seluruh lapisan masyarakat. Agar film milik Prancis bisa dinikmati oleh semua penonton," kata Charlotte dalam konferensi pers di auditorium IFI, Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (26/9/2022).

Berbeda dengan sebelumnya, FSP ke-24 tahun ini dihelat pertama kalinya dalam format hybrid.

Charlotte menyebut format hybrid mendukung efisiensi penyebarluasan film Prancis di Indonesia.

"Ini pertama kalinya berjalan secara Hybrid. Ini semua bermula sejak 1996, berkembang dan berkembang di beberapa tahun mendatang. Festival ini akhirnya lengkap karena ide kami menyatukan orang-orang untuk memperkenalkan film Prancis dan mengenalkannya kepada banyak orang melalui Mola TV," lanjutnya.

Sebagai informasi, seluruh film dalam FSP nantinya dapat ditonton secara gratis dan dengan bantuan terjemahan bahasa Indonesia dan Inggris yang lengkap.

"Terjemahan itu memudahkan orang untuk lebih mengerti dan memahami keindahan yang ada juga dalam film Prancis," ungkap Charlotte.

Festival akan dibuka pada 6 Oktober 2022, dengan pemutaran film dokumenter yang jadi pilihan di Cannes Film Festival 2021, yaitu ANIMAL.

Film besutan sutradara Cyril Dion itu mengisahkan perjalanan transformatif dua remaja yang punya kekhawatiran tentang kepunahan massal.

Adapun 13 kota yang menjadi fokus penyelenggaraan FSP tahun ini adalah Jakarta, Tangerang, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Medan, Pontianak, Lampung, Samarinda, Kendari, Makassar dan Ambon.

Sementara, ada 5 film Prancis yang ditayangkan secara gratis di Mola TV mulai 14 hingga 21 Oktober 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.