Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/09/2022, 18:02 WIB
Revi C. Rantung,
Rintan Puspita Sari

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Penyanyi Keisya Levronka membongkar penyebab dirinya seringkali fals saat menyanyikan lagu “Tak Ingin Usai”.

Diketahui, Keisya Levronka kembali gagal menyanyikan lagu tersebut saat tampil dalam sebuah acara penghargaan di Malaysia. Di situ nada yang dilantunkan Keisya terdengar fals.

Berbicara tentang kegagalannya mencapai nada tinggi hingga membuatnya banyak menuai kritik, Keisya mengaku sebenarnya heran. 

Ini karena setiap menjalani gladiresik acara, nada lagu tersebut selalu mampu ia digapai.

“Tiap latihan nadanya dinaikkan satu, dinaikkan lagi, itu aman. Lebih tinggi dari nada asli dan setiap check sound aman, kalau radio on air aman,” kata Keisya dalam YouTube CURHAT BANG Denny Sumargo, Minggu (18/9/2022).

Baca juga: Akui Mampu Nyanyikan Lagu Tak Ingin Usai, Keisya Levronka: Ketika Live Berbeda

Belakangan Keisya baru mengetahui dari psikolog, bahwa tanpa dia sadari apa yang dia alami ternyata karena adanya trauma. 

“Tapi ketika ketemu orang banyak aku benar-benar gemetar, aku yang benar orang-orang lihat fine-fine aja, fokus persiapan tapi di dalam (hati) deg-degan. Aku pertama kali ke psikolog dan aku benar-benar enggak pernah ke sana,” ungkap Keisya.

“Aku cuma ngecek, dan itu jatuhnya trauma. Tiap nyanyi ketemu orang dikit enggak apa-apa, masih aman. Sedangkan nyanyi butuh ketenangan,” tambah Keisya.

Rupanya trauma yang akhirnya membuat suara dia fals itu dipicu oleh seringnya Keisya mendapat perundungan saat pertama kali gagal mencapai nada tinggi. 

Baca juga: Suara Dikritik Fals tapi Tak Mau Turunkan Nada, Keisya Levronka: Aku Ngerasa Aku Bisa

“Tapi ketemu orang banyak karena aku selalu baca asumsi mereka, komen mereka, jadi ke bawa ke alam bawah sadar,” ungkap Keisya.

Namun Keisya mengaku telah tips dari psikolog tersebut agar bisa tenang dalam bernyanyi.

“Dan akhirnya dia (psikolog) kasih tips nenanginnya, fokus,” ujar Keisya.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com