Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/09/2022, 12:21 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

Sumber IMDb

JAKARTA, KOMPAS.com- Beberapa hari ini nama hacker Bjorka ramai diperbincangkan di media sosial setelah mengunggah sejumlah dokumen penting.

Tak hanya ada di dunia nyata, dunia hacking tak kalah menarik sampai akhirnya menjadi inspirasi beberapa judul film.

Dari kisah nyata hingga fiktif, berikut beberapa film bertema hacker yang bisa dinikmati.

Citizenfour (2014).

Merupakan film dokumenter yang disutradarai oleh Laura Poitras.

Sutradara Laura Poitras mengedit film di Jerman setelah terbang langsung ke sana dari Hong Kong dengan rekaman Snowden, untuk mencegah FBI muncul dengan surat perintah penggeledahan untuk hard drive-nya.

Pertemuan Poitras dengan Snowden terjadi di tahun 2013, di sebuah hotel di mana Citizenfour yang mengirimkan email saat itu akhirnya mengaku bernama Edward Snowden.

Baca juga: Sinopsis Snowden, Bocornya Rahasia Pemerintah

Sepanjang, film ini menawarkan sketsa kecil yang mendahului dan mengikuti wawancara Snowden, termasuk William Binney berbicara tentang program NSA, dan akhirnya bersaksi di depan Parlemen Jerman mengenai mata-mata NSA di Jerman.

Film dokumentar ini dibintangi oleh Edward Snowden sebagai dirinya sendiri.

Snowden (2016)

Film thriller biografi politik ini disutradarai oleh Oliver Stone dan naskahnya ditulis oleh Oliver Stone dan Kieran Fitzgerald berdasar buku The Snowden Files dan Time of the Octopus.

Bercerita tentang Edward Snowden, profesional komputer yang membocorkan informasi rahasia dan NSA pada The Guardian tahun 2013.

Baca juga: Rekomendasi Situs Nonton Drama Korea

Dibintangi oleh Joseph Gordon-Levitt sebagai Snowden, film ini sempat sukses dan meraih box office keempat di tahun 2016.

Blackhat (2015)

Berawal dari sebuah sistem pembangkit nuklir di Hong Kong dan sistem sebuah grup bernama Mercentile Trade Exchange di Chicago diretas oleh seorang hacker.

Melihat situasi ini, Carol Barret (Viola Davis), seorang agen federal, menyarankan agar FBI bekerja sama dengan China untuk mengusut tuntas masalah ini.

Pemimpin dari tim China, Chen Da Wai (Leehom Wang), menyarankan agar Nick Hathaway (Chris Hemsworth) dibebaskan dari masa tahanannya untuk membantu mereka dalam misi ini.

Bukan karena tanpa alasan dirinya ingin merekrut Nick kedalam tim mereka. Melainkan karena mereka menyadari bahwa pelaku dibalik serangan ini menggunakan sebuah malware yang diciptakan oleh Chen dan Nick ketika mereka masih berkuliah di MIT.

Halaman:
Sumber IMDb
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com