Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanya Punya Satu Ginjal, Acha Septriasa Baru Tahu Saat Usia 18 Tahun

Kompas.com - 09/09/2022, 14:38 WIB
Cynthia Lova,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Acha Septriasa mengaku terlahir dengan hanya satu ginjal.

Hal itu baru diketahui Acha saat usianya 18 tahun. Acha mengatakan, saat syuting ia kerap pingsan dan bolak-balik rumah sakit.

“Iya (aku baru tahu punya ginjal satu dari lahir saat usia 18 tahun). Jadi kan waktu itu lagi syuting film aku sering pingsan,” ujar Acha dikutip Kompas.com dalam acara FYP di kenal YouTube TRANS7 OFFICIAL, Jumat (9/9/2022).

Baca juga: Kebahagiaan Acha Septriasa Dengar Penonton Antusias Saksikan Film Mumun

“Tapi enggak mimisan ya, aku enggak tahu dapat kabar dari mana cuma pingsan aja,” lanjut Acha.

Acha mengatakan, pingsan yang dialaminya karena ia kelelahan syuting. Ditambah, ia sangat jarang minum dan kerap menahan buang air kecil.

“Ya biasalah kalau syuting kan sampai 20 jam terus enggak kuat. Dulu kan jarang minum, minum seadanya, suka nahan pipis kalau di lokasi syuting karena kalau lagi di jalanan enggak sempat,” kata Acha.

Baca juga: 3 Rekomendasi Film yang Dibintangi Acha Septriasa

Sampai suatu ketika saat ia dirawat rumah sakit, pemeran Mumun ini mengecek kondisi tubuhnya.

Ia saat itu mengeluhkan perut bagian kirinya yang sakit. Dari situlah diketahui bahwa sejak kecil ternyata Acha hanya memiliki satu ginjal.

“Dicari apa penyebabnya ternyata pas di MRI dan lagi USG lho kok ada (ginjal) di bagian kiri 'Lho kok ada nih? Di kanan kok enggak ada?'," kata Acha.

"Akhirnya masuk ke dalam apa sih itu namanya? CT Scan ya? Terus abis itu pas dicari, enggak ada sama sekali di sebelah kanan, kosong. Ya sudah, dinyatakanlah kalau aku tuh ternyata dari kecil (memiliki satu ginjal)," lanjut Acha.

Baca juga: Film Mumun, Acha Septriasa Jadi Pocong dan Kekocakan Mandra

Meski begitu, kondisinya dengan satu ginjal bukanlah penyebab ia kerap masuk rumah sakit, melainkan karena jarang minum air putih dan menahan buang air kecil.

Sejak tahu memiliki kondisi tersebut, ia menjaga kesehatannya. Pasalnya, menurut Acha, sebenarnya tak masalah hidup dengan ginjal satu asal bisa menjaga kesehatan.

“Iya sebenarnya enggak masalah hidup satu ginjal. Salahnya aku tidak minum dan menahan buang air kecil. Jadi bisa kronis juga kalau tidak diperhatiin (kondisi kesehatannya),” tutur Acha.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com