Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Ternate Dilibatkan dalam Pembuatan Film Pendek Evacuation of Mama Emola

Kompas.com - 27/08/2022, 18:56 WIB
Cynthia Lova,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara Anggun Priambodo menceritakan proses di balik produksi film pendek Evacuation of Mama Emola.

Sebagai informasi, Evacuation of Mama Emola jadi pemenang film pendek dalam Sundance Film Festival: Asia 2022.

Kesuksesan film ini tak lepas berkat kerja sama dengan banyak pihak.

Baca juga: Anggun Priambodo Ungkap Alasan Pilih Ternate sebagai Lokasi Film Pendek Evacuation of Mama Emola

Anggun memilih latar film Evacuation of Mama Emola berada di Ternate, Maluku Utara. Di sana, Anggun mengajak warga setempat untuk main dalam film tersebut.

“Kami mengajak komunitas yang ada di sebuah kampung untuk menjadi pemain dan kru. Ini kan (filmnya) bercerita tentang evakuasi bencana, jadi pasti orangnya juga banyak yang terlibat,” ujar Anggun saat dihubungi Kompas.com, Jumat (26/8/2022).

Anggun mengaku sangat senang karena banyak warga setempat yang mau ikut terlibat dalam produksi syuting film Evacuation of Mama Emola.

Baca juga: Sinopsis But Im Letting Go, Film Pendek NIKI

“Iya (senang) sebenarnya kita membagikan pengalaman juga. Membuat film itu juga kan pengalaman bekerja yang mahal, pengalaman itu mahal sekali, berada sebuah kondisi produksi bersama-sama dan profesional,” kata Anggun.

Ia melihat ada banyak warga di Ternate yang punya kemampuan dalam hal seni, sehingga produksi syuting film pendek Evacuation of Mama Emola bisa dilakukan dengan lancar.

“Kami senang mengajak mereka karena itu bagian dari karakter yang menonjol dari Maluku Utara, bagaimana mereka dekat dengan kesenian,” tutur Anggun.

Baca juga: 5 Rekomendasi Film Pendek Indonesia Terbaru, Raih Berbagai Penghargaan

Evacuation of Mama Emola mengisahkan sosok Julius, seorang narapidana yang telah menghabiskan beberapa tahun di penjara.

Ia diizinkan bebas sementara untuk menyelamatkan ibunya bernama Emola dari gempa bumi.

Julius diizinkan bebas sementara dengan syarat dijaga oleh seorang sipir bernama Nuri. Julius dan Nuri pun melakukan perjalanan untuk menyelamatkan Mama Emola.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com