Kompas.com - 19/08/2022, 21:52 WIB
|
Editor Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu Presiden Joko Widodo meneken tentang produk kekayaan intelektual seperti lagu dan film bisa dijadikan jaminan utang ke bank atau agunan.

Peraturan itu pun sudah tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2022 tentang Ekonomi Kreatif itu.

Organisasi nirlaba, Koalisi Seni yang bergerak di bidang advokasi kesenian mengapresiasi adanya PP Nomor 24.

Setidaknya ini menjadi sebuah angin segar bagi para pelaku seni bisa menjaminkan produk kekayaan intelektual (KI) ke lembaga keuangan bank maupun nonbank.

Baca juga: Syarat Daftarkan Lagu dan Film Jadi Jaminan Utang ke Bank

Mekanisme ini sudah diterapkan oleh negara lain seperti Singapura, India, dan Korea Selatan.

“Kendati demikian, Koalisi Seni menemukan masih adanya masalah struktural yang bisa menghambat penerapan PP Ekraf ini,” kata Wakil Ketua Koalisi Seni Heru Hikayat dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (19/8/2022).

Adapun persoalan pertama yakni sistem kekayaan intelektual yang saat ini belum memadai untuk melindungi hak para pencipta. Contohnya adalah hak cipta.

Aicha Grade Rebecca selaku Peneliti kebijakan seni dari Koalisi Seni mengatakan, selama ini seniman masih terkendala tata kelola manajemen hak cipta yang masih bermasalah.

Baca juga: DJKI: Ada Pungutan Biaya Pendaftaran Lagu dan Film yang Akan Dijadikan Jaminan Utang ke Bank

Semisal di film, negara belum mengurus aturan royaltinya. Selama ini yang terjadi adalah royalti yang diatur dalam kontrak antara produser dengan pelaku industri.

Sedangkan dalam sektor musik, nominal penerimaan royalti performing rights masih abu-abu. Padahal royalti seharusnya dikelola transparan oleh Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN).

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.