Kompas.com - 18/08/2022, 18:49 WIB
|
Editor Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Ifa Isfansyah memproduseri film garapan sutradara Kamila Andini yang berjudul Before, Now & Then (Nana).

Film yang sepenuhnya berbahasa Sunda itu berlatar kehidupan di Jawa Barat pada era 1960an.

Ifa menyebut ada beberapa upaya yang dia lakukan untuk membawa suasana Jawa Barat 1960 ke dalam film tersebut.

"Saya selalu komitmen, mendukung visi cerita sutradara, dengan pilihan set dan bahasa. Jadi kami ada satu tim riset dengan yang kita cari, konteks tahun itu tentu saja. Lalu kami mulai menyusun kepingan cerita ini," kata Ifa dalam acara movie screening di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (18/8/2022).

Baca juga: Happy Salma Kesulitan Berbahasa Sunda dalam Before, Now & Then

Ifa mengatakan pandemi Covid-19 menjadi momok tersendiri selama proses produksi.

"Sebenarnya, tantangan paling besar selain visual, kami produksi di tengah kondisi pandemi. Kemudian skrip yang tadinya sudah kita develop, Kamila harus menyesuaikan dengan kondisi produksi. Tapi alhamdulillah, kolaborasi semua dukungan ini berjalan baik," ucap Ifa.

Sementara, Kamila Andini memastikan ada perbedaan besar cerita soal perempuan yang mau dia tampilkan dalam Before, Now & Then (Nana).

Hal itu membedakannya dengan film karya Kamila sebelumnya seperti Sekala Niskala hingga Yuni.

Baca juga: Kamila Andini Sajikan Cerita Berbeda lewat Film Before, Now & Then (Nana)

"Kalau mau kupas perempuan sampai intinya, seperti bawang merah, enggak akan habis. Kalau untuk film ini pengalaman baru," kata Kamila Andini.

"Kalau sebelumnya saya banyak eksplor perempuan dan remaja, sedangkan ini dunia pernikahan, perkawinan, rumah tangga dan keluarga. Cara berpkir, kompleksitasnya pun berbeda," lanjut Kamila.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.