Kompas.com - 17/08/2022, 19:04 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Pemain biola Iskandar Widjaja kembali mengaransemen ulang lagu fenomenal dari Ismail Marzuki yang berjudul “Sepasang Mata Bola”.

Iskandar Widjaja memberikan sentuhan instrumen musik biola khasnya dalam lagu ini.

Meski hanya dengan alat musik biola, cucu musisi Indonesia Udin Widjaja ini sukses menghidupkan ‘rasa’ dari lagu tersebut.

Baca juga: BBJ Akan Hadirkan Beethoven lewat Alunan Biola Iskandar Widjaja

Adapun alasan Iskandar Widjaja tertarik untuk mengaransemen ulang lagu tersebut lantaran memiliki sebuah ‘magis’ berbeda saat didengarkannya.

Apalagi lagu ini juga menjadi favorit ibundanya.

“Saya tahu lagu ini waktu kecil, saya dengar dari Idris Sardi dulu, pemain biola terkenal. Terus lagu itu favorit dari ibuku dan dia senang nyanyi lagu itu,” kata Iskandar Widjaja saat ditemui di ICE BSD, kawasan Pagedangan, Tangerang, Rabu (17/8/2022).

“Saya berubah sedikit aransemennya, saya ingin lebih selow, bebas dan menghipnotis,” tambah Iskandar.

Baca juga: Music Museum: Iskandar Widjaja

Iskandar mengaransemen lagu ini terdengar lebih modern dengan mengkolaborasikan alat musik gamelan dan biola, yang mana cukup sulit untuk dilakukan.

“Itu proyek spesial, karena itu pertama kali saya berkolaborasi dengan gamelan dan biola,” ucap Iskandar lagi.

Iskandar mengakui, tak mudah untuk berkolaborasi dengan musik gamelan. Terlebih dari suara yang dihasilkan.

“Karena sistem tuning beda, tuning gamelan fix, biola bisa berubah. Ya (tapi) lagu itu cocok,” terang Iskandar seraya mencotohkan suara biola.

Baca juga: Iskandar Widjaja Larutkan Para Penonton dalam Musik Biolanya

Untuk menyempurnakan lagu tersebut, Iskandar Widjaja bersama dengan Oppal Multi-Platform Media membuat video musik “Sepasang Mata Bola”.

Video musik ini kemudian sudah diputar di videotron di Ratu Plaza dan Stasiun Sudirman bertepatan dengan momen Hari Kemerdekaan ke 77 tahun Republik Indonesia 17 Agustus 2022 hari ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.