Kompas.com - 16/08/2022, 21:42 WIB
Penulis Firda Janati
|
Editor Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Kakak artis Nirina Zubir, Fadlan Karim berpendapat lisensi dari tiga notaris yang merupakan terdakwa kasus mafia tanah dicabut.

Harapan itu diungkapkan Fadlan saat mengetahui ketiga terdakwa hanya mendapat vonis kurang dari tiga tahun dikurangi masa hukuman yang telah dijalani.

Fadlan mengatakan, dia belum mengetahui apakah ketiga terdakwa diperbolehkan kembali bekerja setelah masa hukuman selesai.

"Itu yang saya enggak tau, saya juga akan cari tahu tapi ya semoga semuanya dicabut semua ya karena ancaman hukumannya dari awal lebih dari 5 tahun," tutur Fadlan Karim saat ditemui usai sidang putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Selasa (16/8/2022).

Baca juga: Keluarga Nirina Zubir Kecewa atas Vonis terhadap Notaris Kasus Mafia Tanah

"Harusnya sebagai notaris lisensinya diambil ya," kata Fadlan menambahkan.

Meski tiga notaris telah terbukti melakukan TPPU (tindak pidana pencucian uang), Fadlan tak paham mengapa hakim memberi vonis ringan.

"Itu yang saya tidak mengerti sampai saat ini adalah mengapa notaris-notaris dihukum dengan hukuman yang sangat ringan," ujar Fadlan.

Vonis hakim lebih rendah dari tuntutan 4 tahun penjara yang diajukan Jaksa Penutut Umum (JPU).

Baca juga: Tiga Notaris Kasus Mafia Tanah Keluarga Nirina Zubir Divonis Kurang dari 3 Tahun Penjara

"Pertimbangan mereka itu apa dan sudah dikuatkan juga sama pertimbangan-pertimbangan mereka, harusnya dihukum berat kenapa sekarang 2 tahun 8 bulan," tutur Fadlan.

Sebagai informasi, dua notaris PPAT Jakarta Barat Farida dan Ina Rosiana mendapat vonis 2 tahun 8 bulan penjara.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.