Kompas.com - 12/08/2022, 19:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Istri pembawa acara Ruben Onsu, Sarwendah menyebut kista di batang otak yang diidapnya merupakan penyakit langka.

Meski begitu, Sarwendah tidak ingin terlalu banyak memikirkannya karena ingin fokus pada solusi atau pengobatannya

"Ya termasuk sih (penyakit langka). Maksudnya, karena enggak tahu, kita enggak usah cari sumbernya dari mana, tapi kita cari bagaimana cara solusi buat penyelesaiannya," kata Sarwendah, dikutip Kompas.com dari kanal YouTube TRANS7 OFFICIAL, Jumat (12/8/2022).

Sarwendah menceritakan, ia alami pusing berkepanjangan sejak tahun 2017, sebelum mengetahui ada kista di batang otaknya.

Baca juga: Sarwendah: Tindakan di Batang Otak Itu Kemungkinan 50:50

“Iya, jadi itu karena aku migren terus. Setelah aku flashback itu, sudah dari tahun 2017,” ungkap Sarwendah.

Hanya saja, Sarwendah mengatakan bahwa pusing yang dialaminya pada saat itu tidak begitu intens.

“Tetapi, dua tahun terakhir ini, semakin intens (pusing di kepala)," ujar Sarwendah.

Eks personel Cherrybelle itu juga mengungkapkan hal yang bakal terjadi terhadapnya apabila kista di batang otaknya tidak diketahui.

Baca juga: Penjelasan Sarwendah soal Kista di Batang Otak, Alami Pusing Sejak 2017

Sarwendah mengatakan, apabila tidak menjalani MRI (Magnetic Resonance Imaging), kemungkinan kista yang ada di batang otaknya itu membesar atau bisa pecah.

Apabila kista itu pecah, kata Sarwendah, risikonya bisa mengancam nyawanya.

“(Hal terburuk jika tidak diketahui) Kalau dia, amit-amit pecah atau terjadi apa-apa, ya mungkin bisa lewat (meninggal dunia),” ucap Sarwendah.

“Karena kan di batang otak itu keseimbangan kita semuanya di situ. Jadi matanya mungkin miring sebelah, enggak bisa posisi balance, berdiri juga tidak bisa balance, dengar pun mungkin tidak bisa,” ungkap Sarwendah lagi.

Baca juga: Sarwendah: Tindakan di Batang Otak Itu Kemungkinan 50:50

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.