Kompas.com - 12/08/2022, 12:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Ada banyak cara untuk mengenang dan mengenal pahlawan nasional. Tak hanya dari buku, tapi juga film.

Cukup banyak film yang mengusung tema pahlawan dan dibintangi aktor dan aktris berbakat Tanah Air untuk memperkuat cerita.

Menjelang hari Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus, berikut sejumlah selebritas Tanah Air yang pernah memerankan tokoh pahlawan Nasional.

Christine Hakim

Aktris senior ini dikethaui pernah memerankan pahlawan Nasional Cut Nyak Dhien dalam film berjudul Tjoet Nja' Dhien tahun 1988.

Baca juga: 8 Rekomendasi Film KlikFilm untuk Agustus

Film epos biografi yang berhasil meraih piala citra sebagai film terbaik FFI 1988 itu menceritakan perjuangan gigih wanita asal Aceh melawan tentara Belanda yang menduduki Aceh.

Ario Bayu

Poster film Soekarno. IMDB Poster film Soekarno.

Aktor kelahiran tahun 1985 ini pernah memerankan tokoh pahlawan Nasional Soekarno lewat film berjudul Soekarno (2013) garapan sutradara Hanung Bramantyo.

Di film tersebut, Ario Bayu dipasangkan dengan Lukman Sardi yang juga berperan sebagai pahlawan Nasional Mohammad Hatta.

Selain pernah berperan sebagai Soekarno, Ario Bayu juga pernah berperan sebagai tokoh pahlawan nasional Sultan Agung lewat film berjudul Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta.

Baca juga: 4 Rekomendasi Film Action Terbaik Indonesia

Adipati Dolken

Adipati Dolken pernah berperan sebagai pahlawan Nasional, seorang perwira tinggi Indonesia, Jenderal Soedirman lewat film berjudul Jenderal Soedirman (2015).

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.