Kompas.com - 12/08/2022, 12:09 WIB
|
Editor Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus pencemaran nama baik yang tengah menjerat Ayu Thalia semakin menemukan titik terang.

Keterangan seorang saksi ahli bahasa, Arie Andrasyah Isa diperdengarkan dalam persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara, Kamis (11/8/2022).

Dalam kesaksiannya, Arie menjelaskan beberapa unsur fitnah hingga pencemaran nama baik yang dilakukan Ayu Thalia terhadap Nicholas Sean. Berikut rangkuman Kompas.com.

Kesaksian dibacakan jaksa

Arie Andrasyah tidak bisa hadir dikarenakan tempat tinggalnya jauh. Sehingga keterangannya pun dibacakan oleh jaksa penuntut umum (JPU).

"Karena saksi ahli ini jauh tempat tinggalnya. Itu yang menjadikan dasar bahwa keterangan ahli bisa dibacakan saat ini," kata Sutadji dalam persidangan.

Baca juga: Ahli Bahasa Sebut Ayu Thalia Lakukan Fitnah dan Cemarkan Nama Baik Nicholas Sean

Dalam keterangannya, Arie mengungkap bahwa apa yang disampaikan Ayu Thalia di media massa berdampak pada pencemaran nama Nicholas Sean.

Keterangan ahli bahasa

Arie bahkan menguraikan perkataan Ayu Thalia di media massa yang berisi dugaan fitnah dan pencemaran nama baik Nicholas Sean.

"Pernyataan yang disampaikan Ayu Thalia yaitu 'kemudian pelaku menyuruh saya ke mobil. Saat di mobil, saat mengobrol, pelaku sakit hati dan pelaku mengatakan tidak mau bertemu saya lagi. Kemudian pelaku mendorong saya dari dalam mobil hingga saya terjatuh dan saya terluka' pada media massa, itu termasuk ke dalam fitnah karena perkataan tersebut adalah perkataan bohong dan tanpa berdasarkan kebenaran," kata jaksa saat membacakan keterangan Arie dalam persidangan.

Baca juga: Disebut Cemarkan Nama Baik Nicholas Sean, Ayu Thalia Keberatan dengan Keterangan Ahli Bahasa

Beberapa unsur fitnah, menurut Arie, telah terpenuhi lewat perkataan Ayu Thalia.

"Unsur fitnah adalah mengandung isi tuduhan, penuduhnya jelas, arah tuduhan jelas, dengan sengaja diberitakan, bersumber dari yang bersangkutan, dan tidak sesuai keadaan yang sebenarnya," ungkap jaksa.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.