Kompas.com - 11/08/2022, 08:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Film Pengabdi Setan 2: Communion tampaknya masih hangat untuk dijadikan sebagai bahan obrolan.

Tetapi, setelah beberapa hari penayangan perdana, mulai hadir sejumlah teori konspirasi dari warganet untuk film-film Joko Anwar.

Joko Anwar melalui Twitter-nya menuliskan dua nama akun media sosial yang membuka mata para penonton untuk beberapa adegan yang terlewatkan dalam Pengabdi Setan 2: Communion.

Teori konspirasi yang hangat diperbincangkan untuk Pengabdi Setan 2: Communion seperti Herosase dalam film Pintu Terlarang (2009), Ramalan di film Kala (2007), wanita hamil bernasib buruk di setiap film Joko Anwar, dan senjata Pear of Anguish.

Baca juga: Dengar Pasutri Tempuh 80 Kilometer demi Pengabdi Setan 2, Joko Anwar Langsung Video Call

Ada juga sosok Batara dan Darminah, foto Konferensi Asia Afrika di Pengabdi Setan 2: Communion, turunnya Antichrist, Four Horsemen of the Apocalypse, latar belakang Wisnu, teka-teki 17 April, dan lain-lain.

Tidak sedikit dari teori konspirasi yang mereka ciptakan juga menghubungkan film Joko Anwar yang satu ke yang lainnya.

1. Benar atau tidak?

Joko Anwar mengatakan, sejumlah teori konspirasi tersebut ada beberapa yang mengandung kebenaran seperti apa yang ia pikirkan saat memproduksi film.

Sayangnya, Joko Anwar menolak untuk menyebutkan teori konspirasi mana yang benar dan mana yang salah.

“Aku sebagai filmmaker sebaiknya tidak memberitahu mana yang benar dan mana yang tidak benar karena ini akan mematikan imajinasi orang,” ucap Joko Anwar saat dihubungi Kompas.com, Selasa (9/8/2022). 

Baca juga: Jadwal dan Harga Tiket Nonton Pengabdi Setan 2: Communion di CGV dan Cinepolis Jakarta

“Jadi, yang bisa dipastikan adalah, ada beberapa dari teori konspirasi tersebut yang benar, tapi aku tidak punya hak untuk membuka rahasia mana yang benar, mana yang tidak,” ujar Joko Anwar melanjutkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.