Kompas.com - 10/08/2022, 14:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara Joko Anwar turut berkomentar soal pasangan suami-istri yang rela menempuh perjalanan 80 kilometer dari Raja Ampat ke Sorong demi menonton Pengabdi Setan 2: Communion.

Joko Anwar terharu melihat perjuangan mereka. Rasa harus semakin mengalir setelah mengetahui bahwa bukan hanya pasangan itu saja yang datang ke Sorong dari Raja Ampat di hari-hari pertama pemutaran film.

"Kami sangat terharu banget ya, dan begitu mendengar mereka harus jauh-jauh menonton Pengabdi Setan, pada saat itu juga aku langsung menelpon mereka, aku langsung video call sama mereka," ungkap Joko Anwar saat dihubungi Kompas.com, Selasa (9/8/2022).

Baca juga: Joko Anwar Saat Ditanya Universe Pengabdi Setan: Saya Akan Ungkap Ketika Waktunya Tiba

"Ternyata, mereka bukan cuma berdua, tapi satu kantor. Jadi, mereka satu kantor bekerja di Bandara. Kita telepon, video call-an sama pemain, pemain juga sangat senang sama mereka karena terharu banget sama orang yang betul-betul mengapresiasi hasil kerja kami," ucap Joko Anwar melanjutkan.

Joko Anwar mengatakan, menelepon dan melakukan panggilan video bersama mereka merupakan salah satu bentuk rasa terima kasih karena sudah mengapresiasi karyanya.

"Saya rasa ini adalah satu hal yang membuat kami sebagai pembuat film merasa punya alasan yang kuat untuk membuat film itu dan untuk melanjutkan Pengabdi Setan kalau misalnya sampai sebegini besar perhatian dan rasa memiliki publik terhadap film ini," tutur Joko Anwar.

Baca juga: Joko Anwar: Ada Kemungkinan Batara dan Darminah Bukan Bagian dari Komuni di Pengabdi Setan

Menurut Joko Anwar, hal tersebut merupakan suatu hal yang tidak bisa digambarkan dengan kata-kata dan tidak bisa dinilai dalam bentuk materi maupun penghargaan.

"Bahkan, dari pemutaran pertama di IMAX itu juga ada yang jauh-jauh dari Brunei datang khusus untuk ke Indonesia, ke Jakarta hanya untuk menonton Pengabdi Setan 2," ujar Joko Anwar.

Ia mengungkapkan, masih banyak lagi penonton yang melakukan perjalanan dari tempat mereka demi menyaksikan Pengabdi Setan 2: Communion.

Baca juga: Joko Anwar Bicara Peran Batara dan Darminah dalam Pengabdi Setan 1 & 2

"Satu penghargaan yang luar biasa bagi kami yang melebihi piala atau materi," kata Joko Anwar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.