Kompas.com - 10/08/2022, 13:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara Joko Anwar sedikit mempertegas kedudukan peran Darminah dan Batara dalam film Pengabdi Setan (2017) dan Pengabdi Setan 2: Communion (2022).

Sebagai informasi, peran Batara dalam kedua film tersebut dilakoni oleh Fachri Albar, sedangkan peran Darminah dimainkan oleh Asmara Abigail.

"Kemudian, di Pengabdi Setan 2: Communion, disebutkan bahwa mereka ternyata, kalau dilihat-lihat, ada kemungkinan mereka bukan bagian dari komuni," ujar Joko Anwar saat dihubungi Kompas.com, Selasa (9/8/2022).

Baca juga: Joko Anwar Bicara Peran Batara dan Darminah dalam Pengabdi Setan 1 & 2

"Karena, mereka (Batara dan Darminah) membiarkan mereka, komuni terjadi pada malam itu dan mereka tidak hadir, kalau (dilihat) dari dialog yang disebut dari Darminah di akhir (film)," ucap Joko Anwar melanjutkan.

Saat ditanya kembali untuk mempertegas apakah Darminah dan Batara memang benar bukan bagian dari komuni, Joko Anwar hanya menjawab, "kemungkinan ha-ha-ha-ha."

Sementata Joko Anwar juga menjelaskan peran Batara dan Darminah dalam film Pengabdi Setan (2017) dan Pengabdi Setan 2: Communion (2022).

Baca juga: Pengabdi Setan 2: Communion Pasang Flash Warning, Joko Anwar Terima Kasih

Ini merupakan jawaban dari pertanyaan banyak penonton yang merasa bingung dengan ending kedua film tersebut.

"Di (akhir) film yang pertama, ada dialog Darminah kepada Batara, 'sudah waktunya kita panen lagi'. Dijawab oleh Batara, 'sabar, Darminah'. Waktunya akan tiba, sehingga harus bersabar," kata Joko Anwar.

Dari dialog tersebut, Joko Anwar menegaskan bahwa Batara dan Darminah merupakan seorang harvesters alias pemanen.

Baca juga: Jawaban Joko Anwar soal Sejumlah Teori Konspirasi di Film Pengabdi Setan 2: Communion

Kendati demikian, panen yang seperti apa, kata Joko Anwar, itu belum bisa diungkapkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.