Kompas.com - 09/08/2022, 18:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Personel The Spouse, Tony Merle, memberikan tanggapannya seputar lagu “Rahasia Dendam” original soundtrack film Pengabdi Setan 2: Communion karya sutradara Joko Anwar.

Diketahui, “Rahasia Dendam” merupakan lagu ciptaan Tony Merle yang berkolaborasi dengan Joko Anwar sebagai penulis lirik.

Adapun menurut Tony Merle lagu ciptaannya itu mengandung lirik romantis yang dikemas dengan musik era 1960-an.

Baca juga: Pengabdi Setan 2: Communion Raih 3 Juta Penonton Setelah 5,5 Hari Penayangan

“Kalau gue pribadi, mendengar liriknya ‘Rahasia Dendam’ sebenarnya lagu yang romantis ya, bukan buat sesuatu yang seram,” kata Tony Merle saat ditemui Kompas.com di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (9/8/2022).

Hanya saja nuansa kengerian lagu ini muncul ketika menjadi original soundtrack dari film Pengabdi Setan 2: Communion.

“Cuma kan keberadaan lagu ini dan kebutuhan film horor. Jadi orang mendengarkannya terngiang-ngiang keadaan filmnya, sebenarnya sih lebih romantis,” ucap Tony Merle.

Baca juga: Lagu Rahasia Dendam OST Pengabdi Setan 2, Diciptakan dengan Romantis tetapi Jadi Seram

“(Padahal isi lagunya) Kayak dendam sama pasangannya, tidak kunjung datang atau meninggalkan pasangannya,” tambah mantan personel The Brandals itu.

Sebelumnya Tony sempat membeberkan mengenai proses pengerjaan lagu ini yang mana membutuhkan waktu selama satu tahun.

Pasalnya Tony mesti mencari suara sound yang cocok di era 1960-an, seperti latar filmnya. Dan juga mengikuti dari lagu terdahulunya “Kelam Malam”.

Baca juga: Lagu Rahasia Dendam OST Pengabdi Setan 2: Communion Dikerjakan 1 Tahun

“Jadi bukan masalah gimana-gimana, jadi waktu itu kepentok kayak masih belum dapat ya. Nyari sound-nya lumayan ribet lagi,” ucap Tony.

Sebagai informasi, Tony Merle sendiri dikenal sebagai penata musik andal. Dia pernah meraih Piala Citra Penata Musik Terbaik di Festival Film Indonesia (FFI) 2017 untuk Film Pengabdi Setan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.