Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akui Tak Mudah Jadi Idol, Gaby JKT48: Aku Lulus dengan Bangga

Kompas.com - 07/08/2022, 12:02 WIB
Cynthia Lova,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gabriela Margareth Warouw atau Gaby membacakan surat pada akhir upacara graduation atau kelulusannya saat konser ulang tahun JKT48 bertajuk "10th Anniversary Concert Heaven" pada Sabtu (6/8/2022) malam.

Dalam suratnya, Gaby mengakui bahwa tidak mudah menjadi seorang idol.

“Karena aku mengerti bagaimana rasanya menjadi idol memang tidak mudah. Bukan hanya capek fisik tapi bisa capek mental juga,” ujar Gaby di Istora Senayan, Sabtu.

“Mendapat tekanan dari luar, sibuk sekolah sambil latihan. Menjadi sorotan banyak orang, apapun yang dilakukan tidak punya banyak waktu untuk keluarga, teman bahkan diri sendiri,” kata Gaby lagi.

Baca juga: Gaby JKT48: Senang Akhirnya Bisa Lihat Lautan Lighstick dan Ketemu dengan Generasiku

Diakui Gaby, ia sedih kehilangan momen masa remajanya. Tetapi, perasaan sedih itu hilang saat menyadari ada banyak pelajaran yang didapatkannya selama bergabung dengan JKT48.

“Aku tidak menyesal menghabiskan masa mudaku sebagai Gaby JKT48. Dedikasi, ketulusan, kesabaran, kerja keras, tanggung jawab, pengorbanan, dan kebersamaan adalah pelajaran berharga yang aku dapat dari JKT48 dan bisa aku jadikan bekal untuk aku bawa di luar JKT48,” kata Gaby.

Gaby saat momen kelulusannya di  konser bertajuk 10th Anniversary Concert Heaven pada Sabtu (6/8/2022).Kompas.com/Cynthia Lova Gaby saat momen kelulusannya di konser bertajuk 10th Anniversary Concert Heaven pada Sabtu (6/8/2022).

Gaby menyatakan lulus dari JKT48 dengan bangga. Gaby bangga karena ia melihat JKT48 kembali bangkit setelah Covid-19.

Ia juga menjadi saksi perjalanan JKT48 dari awal mulai hingga sepuluh tahun.

Baca juga: Graduasi, Gaby JKT48 Menangis Saat Tampil Bareng Generasi Satu

“Lega karena grup ini mulai bangkit kembali, melihat perkembangan grup ini dari awal, tengah hingga akhir memang tidak dapat diceritakan melalui surat ini saja,” ucap Gaby.

“Yang pasti, aku bangga pernah menjadi bagian dari JKT48 dan menjadi satu-satunya member generasi satu yang masih bertahan sampai dengan sekarang,” tutur Gaby lagi.

Diketahui, JKT48 sudah mewarnai di industri musik Indonesia sejak 2011.

Konser bertajuk "10th Anniversary Concert Heaven" juga sangat spesial karena sekaligus menjadi panggung terakhir Gaby karena lulus dari JKT48.

Baca juga: Konser 10th Anniversary JKT48 Bakal Jadi Panggung Terakhir Gaby

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com