Kompas.com - 29/07/2022, 15:03 WIB
|
Editor Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Dian Sastrowardoyo atau biasa dikenal Dian Sastro turut mendukung gerakan Kebaya Goes to UNESCO.

Gerakan tersebut bertujuan mendaftarkan kebaya sebagai warisan budaya takbenda ke UNESCO.

Dari dukungan itu, Dian Sastro dan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) juga meluncurkan laman tradisikebaya.id.

Lewat laman tersebut, Dian Sastro mengajak para perempuan Indonesia untuk foto dengan kebaya dan mengunggahnya ke laman tersebut.

Baca juga: Komentar Dian Sastro tentang Fenomena Citayam Fashion Week

"Kenapa saya mau ikut ini karena saya suka kebaya dan jujur saya enggak sendiri. Saya tahu banyak yang suka kebaya, teman-teman artis influencer banyak," tutur Dian Sastrowardoyo di kawasan Thamrin Jakarta Pusat, Jumat (21/7/2022).

"Dan saya ajakin bareng-bareng secara perosnal, saya teleponin kayak Andien yuk pakai kebaya barengan, terus ngopi pakai kebaya. Raisa aku ajakin juga jadi saya ajak temen-temen saya dan bersyukurnya banyak yang mau," tambah Dian Sastro.

Dian Sastro berharap nantinya kebaya dapat diakui oleh UNESCO.

Baca juga: Dian Sastro Ingin Masyarakat Biasa Gunakan Kebaya Sehari-hari

“Kita tuh harus membuktikan dulu kepada UNESCO bahwa warga Indonesia banyak banget yang pakai kebaya. Makanya lewat acara kayak gini, lewat sama teman dari PANDI ngajakin mungkin banyak teman-teman yang sudah biasa pakai kebaya sehari-harinya,” ungkap Dian Sastro lagi.

Sementara itu Ratih Ayu selaku asisten Deputi Pengembangan Usaha dan Kerjasama PANDI mengatakan bahwa pakaian kebaya dapat dicatat oleh UNESCO, namun membutuhkan waktu yang panjang.

“Saat ini kami masih mencari beberapa dukungan. Kedepannyankan kami mau kengumpulkan foto-foto untuk bukti bahwa kebaya sudah digunakan secara massive," tutur Ratih lagi.

Baca juga: Dian Sastro Sempat Berpikir Akan Jadi Penyanyi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.