Kompas.com - 05/07/2022, 10:53 WIB

KOMPAS.com- Bongkar fakta berbeda terkait tudingan tindakan kekerasan di sekolah yang dilakukan aktor Korea Nam Joo Hyuk, Dispatch merilis hasil wawancara terhadap 20 orang teman sekolah dan guru Nam Joo Hyuk.

Seperti diketahui, Nam Joo Hyuk telah dituduh melakukan kekerasan di sekolah oleh dua orang yang mengungkapkan kasus mereka kepada outlet media The Days News dan Sports Kyunghyang.

Dispatch mendalami tuduhan itu dan menyatakan bahwa ketika klaim masa lalu seorang selebriti dibuat, kredibilitas klaim tersebut perlu diverifikasi melalui wawancara dengan informan.

Baca juga: Nam Joo Hyuk Kembali Dituduh Lakukan Kekerasan di Sekolah, Agensi Bantah Lagi

Namun, banyak dari klaim ini hanya pernyataan dengan sedikit bukti fisik.

Dalam kasus-kasus tertentu di mana Komite Kekerasan Sekolah diadakan, akan ada cukup bukti untuk mendukung klaim informan. Seperti adanya catatan rumah sakit untuk perawatan juga cukup valid dijadikan bukti.

Namun, jika satu-satunya bukti adalah gambar buku tahunan, klaimnya tidak sebagus itu. Dengan demikian, spesifikasi klaim harus diselidiki secara menyeluruh.

Terlebih Dispatch juga tak mendapat respons dalam usaha menghubungi informan melalui reporter Lee Seon Myeong, yang menulis artikel di Sports Kyunghyang untuk bisa mengonfirmasi kredibilitas klaim informan. 

Baca juga: Penuduh Nam Joo Hyuk Ubah Cerita Setelah Diseret ke Jalur Hukum

Sudah menjadi standar bahwa setiap laporan tentang kekerasan di sekolah tidak boleh langsung dianggap palsu, tetapi pemeriksaan silang fakta diperlukan untuk menentukan validitas laporan tersebut.

Dispatch akhirnya memutuskan untuk memeriksa silang cerita yang dibagikan oleh The Days News dan Sports Kyunghyang dengan mewawancarai 20 orang yang terhubung dengan Nam Joo Hyuk selama sekolah menengah.

Dari hasil wawancara terhadap guru dan teman sekolah Nam Joo Hyuk itu, Dispatch mendapatkan hasil yang berbeda dengan yang sudah dilaporkan. 

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Koreaboo
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.