Kompas.com - 02/07/2022, 16:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Para penggemar game Apex Legends Mobile bisa menikmati keseruan dalam acara Jagad Sandya Legenda.

Pentas Wayang Kulit yang didalangi Ki Bayu Aji Nugraha dari Sanggar Seri Bajran Gupita, Yogyakarta, ini yang menceritakan perjuangan Legends dan Apex Legends Mobile melawan kebatilan.

Singkat cerita, lakon pewayangan 10 adegan ini menceritakan perseteruan raja baik bernama Prabu Jayeng Katong melawan tiran raksasa bernama Prabu Godha Angkara, yang membabi buta memperebutkan tahta kekuasaan.

Setelah hampir kalah, Prabu Jayeng Katong dengan sisa kekuatannya melepaskan Panah Pusaka Kyai Pamungkas ke langit untuk mencari bala bantuan dari para dewa.

Baca juga: Promosi Apex Legends Mobile Indonesia Lewat Pertunjukan Wayang Kontemporer

Setelah itu muncullah sosok Wraith, Bloodhound, dan Fade yang akhirnya membantu Prabu Jayeng Katong mengalahkan musuhnya.

Terlepas dari perbedaan yang mereka miliki, pada akhirnya mereka menggabungkan kekuatan dan berhasil menegakkan keadilan dan kebenaran.

Ki Bayu Aji mengaku tertantang ketika diminta menggabungkan cerita tradisional pewayangan dengan karakter-karakter modern dari Apex Legends Mobile.

"Ini sebuah tantangan bagi saya ketika wayang kulit yang biasa disajikan dengan konvensional kali ini dipadukan dengan karakter Apex Legends Mobile," kata Ki Bayu Aji saat ditemui di M Bloc Space, Jakarta Selatan, Sabtu (2/7/2022).

Baca juga: Apex Predator: Hewan yang Menduduki Puncak Rantai Makanan

Ki Bayu Aji akhirnya harus menggali lagi penokohan dari pewayangan yang bisa dipadukan dengan cerita Apex Legends Mobile.

Setelah didapat beberapa karakter yang cocok, Ki Bayu Aji pun mengolahnya menjadi sebuah cerita baru.

"Karena pijakan saya adanya tokoh antagonis dan protagonis itu bisa memberikan saya sajian seperti ini," ucapnya.

Jagad Sandya Legenda merupakan roadshow perdana dari Apex Legends Mobile yang diselenggarakan oleh Electronic Arts.

Acara ini berlangsung di M Bloc Space sejak 30 Juni hingga 3 Juli 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.