Kompas.com - 01/07/2022, 11:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comSyriana adalah film bergenre geopolitical-thriller yang dirilis pada 23 November 2005 di Amerika Serikat dan kini tersedia di Netflix.

Disutradarai oleh Stephen Gaghan, produsernya Jennifer Fox, Michael Nozik, dan Georgia Kacandes.

Terinspirasi dari buku berjudul See No Evil karya dari Robert Baer, sedangkan penulisan ulang naskah film ini dikerjakan oleh Stephen Gaghan.

Film ini dibintangi oleh George Clooney, Matt Damon, Jeffrey Wright, Chris Cooper, William Hurt, Mazhar Munir, Tim Blake Nelson, Amanda Peet, Christopher Plummer, dan Alexander Siddig.

Baca juga: Sinopsis Angels Fall Sometimes, Perjuangan Hadapi Penyakit Mematikan

Syriana berlatar belakang Timur Tengah, drama yang menceritakan tentang intervensi Amerika Serikat terhadap politik Iran.

Syriana bercerita tentang tiga kejadian yang saling berkaitan yaitu tentang politik, minyak dan teroris.

Di awal cerita, film ini menyinggung mengenai perjanjian kontrak minyak yang ditawarkan kepada China.

Perjanjian itu membuat Amerika Serikat melakukan merger dua perusahaan minyak terbesar yakni Connex dan Killen, untuk menjadikan pijakan awal merebut kontrak minyak dari tangan China.

Baca juga: Sinopsis Mencuri Raden Saleh, Misi Mencuri Lukisan Bersejarah

Lalu militer Amerika Serikat berupaya mengintervensi politik Iran, dengan mendukung Pangeran Muda Kedua untuk menjadi penerus tahta.

Caranya dengan membunuh kakaknya, Nasir Khan (Mazhar Munir), yang tengah menjabat sebagai menteri di dalam pemerintahan Raja Iran. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.