Kompas.com - 27/06/2022, 07:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno hadir menonton bersama film Ngeri-Ngeri Sedap di XXI Blok M Square, Minggu (26/6/2022) malam.

Usai menonton Ngeri-Ngeri Sedap, Sandiaga Uno mengaku sangat menikmati film garapan Bene Dion tersebut.

Sandiaga Uno juga memuji film Ngeri-Ngeri Sedap yang sudah meraup 2 juta penonton.

Pasalnya, kata Sandiaga, tak banyak film di Indonesia bisa menembus 1 juta penonton.

Ngeri-Ngeri Sedap, kata Sandiaga, menjadi bukti bahwa film asli Indonesia juga mempunyai cerita yang kuat.

Baca juga: Ngeri-ngeri Sedap Capai 2 Juta Penonton

“Saya juga terima kasih karena enggak banyak film Indonesia tembus 1 juta. Pinjam istilah Bang Toga (film), ini yang melibas Top Gun. Jadi bukti bahwa film kita ini punya cerita yang kuat,” ujar Sandiaga Uno di XXI Blok M Square, Jakarta Selatan, Minggu.

Kemudian, Sandiaga mengaku sangat salut dengan film Ngeri-Ngeri Sedap yang benar-benar mengenalkan tentang kehidupan budaya Batak.

Mulai dari ikon pariwisata orang Batak, musik-musik yang didendangkan di film, hingga makanan khas Batak.

“Saya salut banget pemandangan Danau Toba sangat dipandang luar biasa dan juga lagu-lagunya subsektor musik. Film ini membawakan musik-musik yang cantik-cantik dan kuliner dari Ibu Domu ini pengin cepat-cepat kembali (ke kampung halaman),” kata Sandiaga.

Baca juga: Menpar Sandiaga Uno Kunjungi Desa Wisata Buwun Sejati Lombok Barat, Masuk 50 Besar Anugerah Desa Wisata

“Ini membuat masyarakat lebih kenal budaya Batak, tapi juga menjadi sarana properti promosi yang sangat luar biasa menurut saya,” ujarnya lagi.

Terakhir, Sandiaga Uno berharap ada film-film lainnya seperti Ngeri-Ngeri Sedap yang menampilkan kehidupan dari budaya dan suku-suku di Indonesia.

Dengan begitu, menurut dia, ini bisa menjadi awal kebangkitan film di Indonesia.

“Tentunya sebuah cerita kearifan lokal, budaya luhur, tapi juga kebinekaan kita, persatuan bangsa kita yang tadi dengan apiknya dikemas. Saya salut dan mudah-mudahan ini menjadi awal kebangkitan sektor perfilman,” tutur Sandiaga Uno.

Baca juga: Film Ngeri-Ngeri Sedap Direncanakan Tayang di Beberapa Negara Asia Tenggara

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.