Kompas.com - 24/06/2022, 18:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Joko Anwar adalah salah satu sutradara Indonesia dengan segudang karya yang melegenda.

Selain menjadi sutradara, Joko Anwar juga merupakan penulis skenario, produser, dan beberapa kali membintangi film.

Sebelum membuat film panjang yang tayang di layar lebar, Joko Anwar getol menciptakan film pendek dan berperan sebagai sutradara.

Joko Anwar pun mantap merilis film panjang pertamanya berjudul Janji Joni pada 2005. Berikut daftar film layar lebar yang disutradarai Joko Anwar.

Baca juga: Penjelasan Joko Anwar soal Poster Pengabdi Setan 2: Communion

  • Janji Joni (2005)

Janji Joni adalah film panjang pertama yang disutradarai Joko Anwar. Film komedi romantis Janji Joni dibintangi oleh Nicholas Saputra, Maria Renata, Surya Saputra, dan Rachel Maryam.

Mengisahkan toko Joni yang bekerja sebagai pengantar roll film turun-temurun. Ia dihadapkan dengan rintangan mengantarkan roll film hingg akhirnya dipertemukan dengan seorang wanita idaman.

Film debut Joko Anwar sebagai sutradara film panjang ini memperoleh banyak penghargaan. Salah satunya Film Terbaik dari MTV Indonesian Movie Awards 2005.

Baca juga: Fans Joko Anwar, Ratu Felisha Hampir Menangis Saat Dapat Peran dalam Pengabdi Setan 2

Proyek film panjang kedua Joko Anwar adalah Kala. Tayang di bioskop pada 2007 silam. Film ini dibitangi oleh Fachri Albar dan Ario Bayu. Kala menandai film bergaya noir pertama di Indonesia.

Mengisahkan seorang wartawan bernama Janus yang memiliki penyakit narkolepsi. Janus adalah Sang Penidur yang tertulis dalam ramalan Jayabaya. Ia mencari dirinya sendiri sepanjang perjalanan film.

Film Kala mendapatkan respons positif dari penonton dan kritikus film. Kala mendapatkan enam nominasi di Festival Film Indonesia 2007 dan sukses membawa pulang dua Piala Citra untuk kategori Sinematografi Terbaik dan Tata Artistik Terbaik.

Baca juga: Joko Anwar Sebut Ada 400 Shoot CGI di Pengabdi Setan 2: Communion

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.