Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raisa Berikan Tips untuk Orangtua Saat Anak Ingin Pelihara Hewan

Kompas.com - 20/06/2022, 17:07 WIB
Baharudin Al Farisi,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Raisa Andriana memberikan tips sederhana kepada setiap orangtua saat buah hati menginginkan memelihara hewan peliharaan di rumah.

Tips yang diberikan Raisa ini berdasarkan pengalaman ketika anaknya, Zalina Raine Wyllie yang akrab disapa Zawi, hendak memelihara marmot.

Raisa bercerita, sebelum memutuskan untuk memelihara marmot, ia bersama Zawi selama dua minggu menonton video di YouTube tentang bagaimana merawat binatang.

Menurut Raisa, ia enggan membelikan hewan peliharaan hanya untuk sekadar mainan. Sebab, menurutnya, memelihara hewan merupakan tanggung jawab yang besar.

Baca juga: Raisa Ultah Ke-32, Ini Ucapan Manis dari Hamish Daud

"Makanya Zawi harus benar-benar tahu dan tertarik dengan cara memelihara hewan tersebut. Untungnya anaknya memang tipe ngemong dan memang sayang banget binatang," tulis Raisa seperti dikutip Kompas.com dari akun @raisa6690, Senin (20/6/2022).

Setelah membeli marmot, Raisa mengaku kerap bertengkar dengan Zawi karena sang putri selalu membawa-bawa peliharaan barunya.

Raisa mengatakan, ia khawatir binatang perliharaannya stres karena kurang beristirahat.

"Tapi, lama-lama diajarin, dia mengerti kalau binatang itu bukan mainan, dan mereka punya keinginan dan kebutuhan, sama kayak kita (manusia)," tutur Raisa.

Baca juga: Raisa dan Rizky Febian Duet di Allo Bank Festival 2022, Bawakan 2 Lagu

Oleh karena itu, Raisa membagikan tips untuk mempertimbangkan beberapa hal ketika buah hati hendak memelihara hewan.

Pertama, keluarga harus setuju dan suka kalau mereka yang akan benar-benar mengurus seperti memberi makan hingga menjaga kebersihan hewan peliharaan.

Kedua, Raisa mengimbau bahwa hewan bukan mainan. Oleh sebab itu, kebahagiaan hewan tergantung pada pemiliknya.

Ketiga, Raisa mengatakan, setiap orangtua harus mengetahui perkiraan usia maksimal hewan.

"Aku kemarin mau beli kura-murs, terus lihat umur dia bisa sampai 20 tahun lebih. Aku jadi pikir, 'bisa enggak bahagiakan dia sampai 20 tahun?'," tulis Raisa.

Baca juga: Baper dengan Akhir Drakor Snowdrop, Raisa Nangis hingga Merasa Hampa

Bagi pelantun "Kali Kedua" itu, kematian hewan peliharaan bisa menjadi hal yang memberatkan bagi anak ketika ditinggal pergi untuk selama-lamanya.

Keempat, istri Hamish Daud itu menyarankan untuk memelihara hewan juga harus mengalirkan semangat sehingga proses belajar merawat menjadi menyenangkan.

"Belajar sama-sama, bukan sekadar kasih tahu atau suruh anak begini dan begitu. Kalau aku nonton video YouTube all about guinea pig pokoknya," ujar Raisa.

"Jadi, pas pet-nya datang, dia sudah enggak sabar buat praktik semua ilmunya. Dia juga sudah tahu kalau beli atau adopsi pet itu bukan sesuatu yang Impulsif kayak beli toys," tulis Raisa lagi.

Terakhir, Raisa berujar agar setiap orangtua untuk menyiapkan tempat seperti habitat hewan peliharaan tersebut.

Baca juga: Ketika Kunto Aji Ingin seperti Raisa yang Bisa Curhat ke Jokowi soal Konser…

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com