Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi Kasus Gugatan Brad Pitt pada Angelina Jolie

Kompas.com - 09/06/2022, 09:27 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

KOMPAS.com- Pertarungan hukum Brad Pitt yang berlangsung lama dengan mantan istrinya Angelina Jolie, telah menarik perbandingan dengan persidangan baru-baru ini antara Johnny Depp dan Amber Heard.

Terlebih Pitt dalam perubahan pengaduan gugatannya disebut ingin melakukan persidangan dengan juri, seperti yang dilakukan Johnny Depp dalam sidangnya melawan Amber Heard. 

Brad Pitt dan Jolie mengumumkan akhir pernikahan mereka pada September 2016, dengan Jolie mengutip "perbedaan yang tidak dapat didamaikan" dalam pengajuan perceraiannya.

Sejak resmi bercerai tahun 2019, Pitt dan Jolie berjuang atas faktor-faktor seperti hak asuh anak-anak mereka dan penjualan Jolie atas sahamnya dari bisnis wine mereka di Prancis.

Seperti apa kronologi gugatan Brad Pitt terhadap mantan istrinya itu?

Obyek yang menjadi gugatan Brad Pitt

Perkebunan Miraval, di desa Correns di tenggara Prancis, kabarnya dibeli oleh pasangan itu dengan harga sekitar 25 juta euro atau sekitar Rp 388 miliar.

Baca juga: Gugat Angelina Jolie, Brad Pitt Disebut Ingin Persidangan dengan Juri

Selain dikenal sebagai tempat pasangan itu menggelar pernikahan, perkebunan ini juga memiliki reputasi baik sebagai penghasil wine rose di bawah bimbingan keluarga pembuat anggur Perrin dalam dekade terakhir.

Ribuan botol berhasil terjual dalam beberapa jam setelah dirilis, membuat Miraval sebagai merek wine sukses yang dimiliki selebriti.

Angelina jual saham Miraval

Tanggal 6 Oktober 2021, Angelina Jolie menjual sahamnya di perkebunan dan kilang anggur Prancis senilai 164 juta dolar yang dia beli bersama Pitt ke Tenute del Mondo, divisi anggur Stoli Group.

Menurut dokumen pengadilan yang diperoleh PEOPLE, Jolie diizinkan untuk menjual sahamnya sebulan sebelum kesepakatan.

Jolie sebelumnya mengalami masalah ketika mencoba menjual sahamnya karena perceraiannya dan Pitt yang sedang berlangsung.

Tenute del Mondo membeli 50 persen perkebunan Château Miraval dari Jolie dengan jumlah yang tidak diungkapkan.

Baca juga: Brad Pitt Gugat Angelina Jolie atas Kebun Anggur Tempat Mereka Menikah

Brad Pitt ajukan gugatan

Februari 2022, Brad Pitt menggugat Angelina Jolie karena menjual saham bisnis wine dan menudingnya membahayakan reputasi perusahaan.

Pitt mengklaim Jolie telah melanggar perjanjian mereka sebelumnya untuk tidak menjual saham tanpa sepengetahuan satu sama lain.

Usaha bisnis Pitt dan Jolie telah menjadi pusat pertempuran hukum mantan pasangan itu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com