Kompas.com - 04/06/2022, 19:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Musisi Ari Lasso mengaku kualitas suaranya kini lebih baik usai jarang bernyanyi selama pandemi Covid-19. Terutama, setelah sembuh dari penyakit kanker limfoma.

Ari Lasso menceritakan, dia sudah lama tidak bernyanyi di atas panggung. Ari baru kembali tampil di atas panggung pada 21 Mei 2022 lalu di Festival Allo Bank.

Kualitas suaranya makin membaik setelah ia berhenti merokok, mengonsumi minuman beralkohol, dan kopi dalam jumlah banyak hingga minuman dingin.

Baca juga: Stamina Belum Normal, Ari Lasso Masih Rasakan Sakit di Bagian Sendi dan Dada

"Suara lebih tinggi kayanya iya, tidak kemasukan benda-benda (rokok, minuman beralkohol hingga minuman dingin), iya. Kemarin lebih entenglah nyanyinya," kata Ari Lasso dikutip Kompas.com di kanal YouTube pribadinya, Sabtu (4/6/2022).

Ari Lasso menceritakan, biasanya dia harus menurunkan setengah nada dari setiap lagu ketika ada jadwal manggung yang padat.

Namun, saat ini ia bisa bernyanyi dengan menggunakan nada dasar pada setiap lagu.

Baca juga: Ari Lasso Ungkap Alasan Tampil Semakin Segar Usai Sembuh dari Kanker Limfoma

"Tuning juga sudah balik lagi. (Sebelumnya) Turun setengahlah, dulu kalau padat kan turun setengahlah," ucap Ari.

Mantan Vokalis Dewa 19 ini kembali mengatakan bahwa kualitas bernyanyinya lebih baik. Namun, kini ia masih membatasi jadwal untuk manggung.

"Saya rasa begitu (lebih baik), gua rasa begitu. Cuma memang sekarang manggung dibatasi, seminggu maksimal 1 kali dan masih 6 lagu dulu," kata Ari.

Baca juga: [POPULER HYPE] Ari Lasso Kembali | Maudy Ayunda Menikah

Dengan begitu, Ari bisa fokus pada kesehatannya agar kondisi bisa kembali seperti sedia kala.

"Pelan-pelanlah, kita melangkah kan pelan-pelan dulu, (agar) enggak kaget. Toh enggak ada yang dikejar, yang dikejar utama kan kesehatan sudah di dalam genggaman, itu dulu deh, jangan sampai lepas lagi," tutur Ari Lasso.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.