Kompas.com - 24/05/2022, 17:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kiprah Srimulat di industri hiburan Tanah Air tidak ada habisnya.

Baru-baru ini, Srimulat diadaptasi lagi menjadi sebuah film berjudul Srimulat: Hil Yang Mustahal, yang dibintangi oleh para aktor muda.

Srimulat adalah grup lawak legendaris Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 1950-an.

Didirikan di Surakarta oleh Raden Ayu Srimulat dan Teguh Slamet Rahardjo, Srimulat hadir menghibur masyarakat lewat pertunjukan langsung dari satu kota ke kota lain di Jawa Timur sampai Jawa Tengah.

Baca juga: Istri Mendiang Gepeng Menangis Terharu Bertemu Bio One di Pemutaran Film Srimulat: Hil Yang Mustahal

Srimulat yang hadir menghibur dengan memadukan lawak, musik, serta kritik sosial ini sampai dikenal secara nasional setelah muncul di televisi swasta pada akhir 1980-an.

Sempat rasakan masa jaya dengan bongkar pasang anggota, Srimulat dibubarkan oleh Teguh pada 1989 seiring dengan bermunculannya grup lawak lain yang tampil di televisi.

Meskipun demikian nama Srimulat tak kunjung di redup dalam sejarah pentas komedi Indonesia hingga muncul reuni Srimulat yang diusung oleh Gogon pada 1995.

Grup lawak itu kembali menghibur hingga tahun 2003. Vakum lagi selama dua tahun, lalu kembali muncul di Indosiar pada 2006 dalam 36 episode.

Baca juga: 5 Karakter Yang Wajib Disimak dalam Film Srimulat: Hil Yang Mustahal

Setelah pembubarannya, anggota Srimulat menempuh jalan masing-masing dan sebagian masih aktif di dunia hiburan, seperti Tessy, Nunung, Doyok, dan Kadir.

Anggota Srimulat yang tersisa masih mengisi program bertajuk Srimulat, seperti Srimulat Night Live (2014), Saatnya Srimulat (2015), dan Temu Lawak (2020).

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.