Kompas.com - 23/05/2022, 20:07 WIB
|
Editor Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelawak Miing Bagito menjalani operasi bypass jantung pada Sabtu (21/5/2022) di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Miing mengalami penyumbatan atau penyempitan pembuluh darah arteri koroner sehingga harus diatasi dengan operasi tersebut.

Menurut dokter yang merawat Miing, operasi Miing Bagito berjalan dengan lancar.

"Operasinya berjalan lancar, Recovery cukup cepat. Bapak Miing operasi hari Sabtu kemarin. Sabtu malam, beliau sudah bisa makan. Makannya bagus, gado-gado," kata dokter Utojo Lubiantoro dalam konferensi pers, Senin (23/5/2022).

Baca juga: Miing Bagito Ungkap Kenapa Dirinya Harus Operasi Bypass Jantung

Masalah jantung koroner Miing Bagito terdeteksi setelah dia sering merasa mudah lelah saat menjalani olahraga.

Operasi bypass pun dilaksanakan karena menurut tim dokter, pemasangan ring tidak bisa menjadi jalan keluar terbaik untuk kondisinya.

"Salah satu gejala jantung koroner, saat beraktivitas itu cepat capek. Ada yang sakit dada, keringat dingin, dan segala macam. Sumbatan itu bertahun-tahun bukan berapa bulan. Nah, gejala itu akan muncul ketika 70 persen. Sebetulnya beliau sudah merasakan itu," ujar dokter Utojo.

Miing sebenarnya sudah bisa dipindahkan dari ruang operasi ke ruang perawatan biasa pada hari ini

Baca juga: Miing: Kenapa Bagito Enggak Laku di Televisi?

Namun, karena kadar hemoglobinnya (Hb) rendah, Miing masih harus menjalani transfusi darah terlebih dahulu hingga esok hari.

"Semua itu (alat operasi) sudah mau dilepas semua. Keluar dari ruang operasi, ke ICU terbilang cepat. Hari ini mau pindah, tapi karena Hb turun, ya jadinya nanti," lanjut dokter Utojo.

Istri Miing Bagito, Lisma Gumelar, menyatakan sangat bersyukur melihat peningkatan kondisi kesehatan suaminya pascaoperasi.

"Ayah bersyukur sekali masih diberi kesempatan. Bersyukur karena langsung stabil lagi. Dan sekarang sudah bisa makan. Karena sebetulnya banyak yang tak tertolong kalau sudah 95 persen penyumbatan," ujar Lisma di kesempatan tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.