Kompas.com - 20/05/2022, 20:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Label rekaman Nagaswara berhasil memenangkan gugatan atas Gen Halilintar terkait lagu "Lagi Syantik" yang dipopulerkan Siti Badriah.

Berdasarkan putusan Peninjauan Kembali (PK) di Mahkamah Agung pada Desember 2021, Gen Halilintar diminta membayar ganti rugi sebesar Rp 300 juta.

Namun sampai saat ini Gen Halilintar dikabarkan masih belum membayar ganti rugi uang tersebut.

"Putusan hukum ini sudah final, berkekuatan hukum tetap. Tapi sampai sekarang belum ada itikad baik (dari mereka) untuk membayar," kata Yosh Mulyadi, kuasa hukum Nagaswara dalam jumpa pers di Kantor Nagaswara, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (19/5/2022).

Baca juga: Elkasih Percayakan Pengelolaan Royalti 13 Lagu Mereka ke Nagaswara

Jika Gen Halilintar terus mengabaikan kewajibannya mengganti rugi sebesar Rp 300 juta, Nagaswara sudah berniat melanjutkan langkah hukum selanjutnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, kasus pelanggaran hak cipta untuk lagu "Lagi Syantik" berjalan begitu lama, sejak 2018 hingga 2021.

Rahayu Kertawiguna, CEO Nagaswara, mengaku puas dengan perjuangannya melindungi hak cipta terbukti dengan kemenangan ini.

"Saya juga enggak percaya kalau kami yang menang. Ini berkah kalau kami tidak pernah menyerah," katanya Rahayu.

Baca juga: Nagaswara Bakal Kasasi, Begini Reaksi Gen Halilintar

Dari kejadian ini, Nagaswara berharap agar publik bisa lebih sadar akan pentingnya menghormati hak cipta.

Namun di sisi lain, Nagaswara juga tak ingin kebijakan hak cipta justru menyulitkan para konten kreator.

Oleh karena itu, Nagaswara bekerja sama dengan PAMPI (Prakarsa Antar Musik Publishing Indonesia) mengenalkan platform Festival Suara.

Baca juga: Gugatan Rp 9,5 M Nagaswara Ditolak dan Respons Gen Halilintar

Di platform tersebut, para kreator bisa menjadi anggota dan memilih katalog lagu yang disediakan para publisher. Lewat jalur ini, prosedur perizinan diharapkan bisa jauh lebih mudah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.