Kompas.com - 20/05/2022, 18:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Film KKN di Desa Penari sempat beberapa kali diundur jadwal penayangannya akibat pandemi Covid-19.

Setelah dipertimbangkan matang-matang, film KKN di Desa Penari akhirnya tayang serentak di bioskop seluruh Indonesia pada 30 April 2022.

Waktu Penayangan film karya sutradara Awi Suryadi itu bertepatan dengan momen Lebaran Idul Fitri 2022.

Tak hanya itu, KKN di Desa Penari juga tayang berbarengan dengan film besutan Marvel, Doctor Strange in the Multiverse of Madness.

Baca juga: KKN di Desa Penari Tembus 6 Juta Penonton, Awi Suryadi Ucapkan Terima Kasih

Kendati demikian, keputusan rumah produksi MD Pictures itu direspons secara negatif oleh penonton yang sudah menunggu film KKN di Desa Penari sejak 2019.

“Waktu kita akhirnya dengan berat hati memutuskan undur tayang dari 24 Februari, kita kan pasti cari tanggal bagus terdekat. Dan memang tanggal bagus terdekat adalah tanggal yang mendekati lebaran,” ucap Awi Suryadi dalam pertemuan virtual, Jumat (20/5/2022).

“Meskipun banyak yang mencibir, netizen kan paling cepatlah, seolah-olah mereka produser, mereka menjadi lebih ahli, 'wah nekat tayang lebaran’, ‘nekat lawan Doctor Strange’, wah cari mati'. Cuma, ya kita sudah enggak ada pilihan lain,” ujar Awi melanjutkan.

Sutradara yang juga menggarap film Danur itu juga mengaku banyak mendapatkan berbagai protes melalui pesan di media sosial dari warganet.

Baca juga: Di Balik Kesuksesan Film KKN di Desa Penari, Ada Pemilik Rumah yang Ketakutan dan Akhirnya Pindah

Kata Awi Suryadi, tidak sedikit dari warganet yang marah hingga mengamuk karena jadwal penayangan KKN di Desa Penari terus menerus diundur.

“Yang saya alami sendiri di direct message saya, semua jadi marah, jadi ancam, semua orang sebegitu ngamuknya dengan ditundanya KKN. Jadi, ya kita sudah enggak bisa undur jauh dari itu,” ungkap Awi Suryadi

Di sisi lain, Awi bersama timnya sadar bahwa libur lebaran ada film sebesar Doctor Strange in the Multiverse of Madness yang bakal tayang.

“Cuma, ya sudahlah, kita percaya diri dengan konten kita. Kita merasa sudah maksimal, ya sudah tayang saja. Dan Alhamdulillah, hasilnya terbukti. Memang momen lebaran itu orang lebih mencari hiburan,” tutur Awi Suryadi.

Diketahui, film KKN di Desa Penari sudah disaksikan 7 juta penonton. Jumlah tersebut membuat film ini menjadi film terlaris sepanjang masa di Indonesia.

Baca juga: KKN di Desa Penari Salip Warkop DKI, Ini 10 Film Terlaris di Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.