Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Gangguan Kepribadian Ambang, Disebut Dialami Amber Heard?

Kompas.com - 28/04/2022, 14:50 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

KOMPAS.com- Shannon Curry, psikolog forensik yang dihadirkan dalam persidangan oleh kuasa hukum Johnny Depp, mengatakan Amber Heard mengalami Borderline personality disorder (BPD) atau gangguan kepribadian ambang.

Pernyataan itu dibuat setelah Curry melakukan serangkaian pemeriksaan terhadap Amber. 

Selama 12 jam wawancara dengan Heard, serta mengulas catatan kesehatan jiwanya.

Ditambah dengan pemeriksaan langsung pada dua kesempatan, dan partisipasi dalam tes Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMP). 

"Hasil evaluasi Heard mendukung dua diagnosis: gangguan kepribadian ambang dan gangguan kepribadian histrionik," kata Shannon.

Baca juga: Bukan PTSD, Psikolog Sebut Amber Heard Alami 2 Gangguan Kepribadian

Apa itu BPD? Dikutip dari website Mayoclinic, gangguan kepribadian ambang adalah gangguan kesehatan mental yang memengaruhi cara berpikir dan merasa tentang diri sendiri dan orang lain menyebabkan masalah fungsi dalam kehidupan sehari-hari.

Orang dengan BPD cenderung sangat sensitif. Hal-hal kecil dapat memicu reaksi yang intens. Dan sekali marah, Anda kesulitan menenangkan diri.

Selain itu, mereka dengan BPD akan memiliki ketakutan yang kuat akan pengabaian atau ketidakstabilan, dan mungkin mengalami kesulitan menoleransi kesendirian.

Namun kemarahan yang tidak tepat, impulsif dan perubahan suasana hati yang sering dapat mendorong orang lain menjauh.

Baca juga: Johnny Depp Sebut Tato Winona Ryder Buat Amber Heard Terusik

Gangguan kepribadian ambang biasanya dimulai pada awal masa dewasa.

Kondisi ini tampaknya lebih buruk di masa dewasa muda dan mungkin secara bertahap menjadi lebih baik seiring bertambahnya usia.

Gejala dan tanda yang mungkin bisa ditemukan seperti pola hubungan intens yang tidak stabil, seperti mengidealkan seseorang sesaat dan kemudian tiba-tiba percaya bahwa orang tersebut tidak cukup peduli atau kejam.

Perubahan suasana hati yang luas yang berlangsung dari beberapa jam hingga beberapa hari, yang dapat mencakup kebahagiaan yang intens, lekas marah, rasa malu, atau kecemasan.

Perasaan kosong yang berkelanjutan kemarahan yang tidak pantas dan intens, seperti sering kehilangan kesabaran, menjadi sarkastik atau pahit, atau bertengkar fisik.

Selain gangguan kepribadian ambang, psikolog Shannon Curry mengatakan bahwa Amber juga mengalami gangguan kepribadian histrionik.

"Untuk menjadi menyerang sebagai pasangan. Mereka akan membuat ancaman menggunakan sistem hukum, mengancam untuk mengajukan perintah penahanan, mengklaim adanya kekerasan," kata Curry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com