Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanda Hamidah Ajak Figur Publik Beri Edukasi kepada Followers agar Tak Mudah Tertipu

Kompas.com - 26/04/2022, 16:31 WIB
Vincentius Mario,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Aktris dan politikus Wanda Hamidah mengungkap kekhawatirannya terhadap figur publik yang sering mempromosikan sesuatu di media sosial tanpa melakukan riset tertentu.

Wanda menyoroti banyaknya followers yang tertipu akibat ikut ter-influence soal produk atau jasa tertentu yang dipromosikan oleh publik figur.

Oleh karenanya, Wanda berharap para figur publik lebih berhati-hati dan bertanggung jawab dalam menyediakan sebuah konten.

Baca juga: Dihujat Warganet karena Sentil Artis, Wanda Hamidah: Its Okay, Mengedukasi Itu Berat

“Kamu sadar enggak, dengan jumlah followers yang puluhan juta itu, korbannya enggak cuma satu atau dua orang. Mereka mempertaruhkan kerja keras mereka dan kemudian hasilnya itu ditipu. Bayangin, sedih enggak kita dengan followers kita, fans kita, mengalami kerugian karena kita seolah-olah ikut meng-endorse produk yang ternyata bodong dan penipuan itu,” kata Wanda saat ditemui wartawan di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Artis berusia 44 tahun itu berharap agar para publik figur tidak mementingkan dirinya sendiri dalam menyebarkan informasi lewat media sosial.

“Untuk menyadari, untuk mengantisipasi hal itu, tentunya kita harus lebih hati-hati lagi karena ini nggak menyangkut diri kita sendiri,” ujar Wanda.

Baca juga: Wanda Hamidah Ingatkan Figur Publik soal Tanggung Jawab Moral

“Saya mencoba mengajarkan agar tidak fokus diri sendiri, tapi pikirin juga para fans kita, supaya konten-konten kita lebih bertanggungjawab lagi atas produk-produk dan konten dengan siapapun,” lanjutnya.

Wanda percaya, kebohongan atau penipuan yang diungkap berulang setiap hari pada akhirnya akan dianggap sebagai kebenaran.

“Kebohongan yang diungkapkan setiap hari dan terus-menerus itu akan jadi suatu kebenaran. Kalau kita enggak mulai berkata 'eh itu salah loh, eh itu enggak benar loh, eh itu nggak wajar loh', akhirnya kita akan hidup di dunia kebohongan yang dahsyat dan viral, ini sudah mulai terjadi,” tutur Wanda.

Baca juga: Kritis soal Paris Fashion Week, Wanda Hamidah Akan Dituntut Pihak EO?

Baru-baru ini, setelah sebelumnya menyoroti permasalahan Paris Fashion Week 2022, Wanda membicarakan Rizky Billar dan Lesti Kejora yang menerima sekoper uang dari bos DNA Pro.

Kebiasaan Wanda ini sering ditanggapi dengan hujatan dan komentar nyinyir dari warganet.

Namun, Wanda mengaku hanya ingin menawarkan saran yang positif bagi para figur publik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com