Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Indonesian Insight Kompas
Kelindan arsip, data, analisis, dan peristiwa

Arsip Kompas berkelindan dengan olah data, analisis, dan atau peristiwa kenyataan hari ini membangun sebuah cerita. Masa lalu dan masa kini tak pernah benar-benar terputus. Ikhtiar Kompas.com menyongsong masa depan berbekal catatan hingga hari ini, termasuk dari kekayaan Arsip Kompas.

Parodi Tri Suaka dan Zidan Jadi Perkara, Mas Duta dan Sheila on 7 Tetap Juara

Kompas.com - 24/04/2022, 13:43 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

BERCANDA kadang bisa jadi malapetaka. Tentu, itu ketika tidak peka, berlebihan, dan atau kelewatan. Parodi penyanyi spesialis cover Tri Suaka dan Zinidin Zidan bisa jadi contoh terkini dari bercanda yang jadi perkara itu.

Memparodikan gaya bernyanyi Andika Kangen Band dan Rizal Armada, Tri dan Zidan menuai hujatan netizen. Bahkan, parodi ini akhirnya menuai somasi alias jadi perkara.

Baca juga: Video Permintaan Maaf Tri Suaka Dibanjiri Komentar Musisi Tanah Air

Uniknya, kasus Tri dan Zidan dengan Andika dan Rizal ini malah mencuatkan juga nama vokalis Sheila on 7, Duta.

Bernama lengkap Akhdiyat Duta Modjo, vokalis Sheila on 7 ini ikut menjadi trending topic Twitter pada Minggu (24/4/2022) di tengah perkara Tri Suaka dan Zidan.

Memang, polemik pelesetan Tri Suaka dan Zidan atas gaya bernyanyi Andika dan Rizal merembet ke mana-mana. Nama Duta dan Sheila on 7 mencuat terutama ketika hujatan publik dunia maya ke Tri Suaka dan Zidan sampai ke perilaku.

Sama-sama muncul dari Yogyakarta, beda jalan cerita

Tri Suaka adalah penyanyi spesialis cover yang muncul lewat Musisi Jogja Project. Lahir di Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Tri Suaka mengawali karier sebagai pengamen dan penyanyi kafe di Yogyakarta, setelah mengaku gagal mendaftar untuk jadi polisi. 

Baca juga: Tri Suaka Gandeng Empat Vokalis Beken untuk Proyek Musik Terbarunya

Tampil membawakan lagu-lagu populer, termasuk yang berlirik Jawa, Tri Suaka dikenal luas juga karena mengunggah penampilan-penampilannya itu ke kanal YouTube.

Dari sana, kariernya melejit, termasuk diundang ke stasiun televisi nasional, tampil bertandem dengan artis-artis terkenal, dan melansir single sendiri.

Adapun Zidan baru muncul belakangan bersama Tri Suaka, setelah beberapa nama lain sempat lebih dulu melambung bersama Tri Suaka.

Beda ceritanya dengan Duta dan Sheila on 7. Kisah mereka bermula dari kebiasaan Duta dan Adam—basis Sheila on 7—mengisi panggung 17 Agustus di kampungnya.

Dari awal, formasi Sheila on 7 adalah sama-sama anak SMA biasa di Yogyakarta yang gemar bermusik lalu memutuskan hidup di jalan musik lewat keputusan tak mudah, termasuk meninggalkan bangku kuliah.

Baca juga: 22 Tahun Anugerah Terindah dari Sheila on 7

Yang bikin Duta jadi trending topic

Hingga hampir 26 tahun keberadaan Sheila on 7 pada 2022, grup band ini boleh dibilang merupakan salah satu kelompok musisi yang tak ada matinya. Daftarnya di Tanah Air bisa dihitung jari tangan, seperti Dewa dan Gigi. 

Bila perjalanan Dewa penuh cerita, terutama terkait Ahmad Dhani, Gigi dan Sheila on 7 adem ayem termasuk dari para vokalisnya yang awet dari semula, yaitu Armand Maulana dan Duta. Meski demikian, Duta dan Sheila on 7 sejak awal digandrungi terutama karena segala serba sederhana mereka, dari lagu sampai perilaku.

Dan kini, saat perilaku Tri Suaka dan Zidan jadi perkara karena bercanda, sosok Duta mencuat pun tersebab penampilannya yang tetap serba sederhana. Rata-rata unggahan dan komentar netizen tentang Duta adalah, "Enggak kayak artis."

Vokalis grup band Sheila On 7, Duta, dalam penampilan mereka di Java Jazz Festival 2015 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (7/3/2015). KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Vokalis grup band Sheila On 7, Duta, dalam penampilan mereka di Java Jazz Festival 2015 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (7/3/2015).

Cerita tentang kesederhanaan Duta dan Sheila on 7 tak satu macam saja. Ada soal kaos kutung, celana selutut, dan sandal jepitnya. Soal makan dan ketiadaan protokoler juga ada.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com