Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suho EXO Comeback dengan Album Mini Grey Suit, Ceritakan Keresahannya Selama 2 Tahun Terakhir

Kompas.com - 05/04/2022, 12:20 WIB
Cynthia Lova,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu member EXO, Suho, comeback dengan album solonya yang menceritakan tentang pemikiran jujur selama dua tahun terakhir.

Tanggal 4 April 2022, Suho melakukan jumpa pers secara virtual untuk merilis album mini solo keduanya yang bertajuk Grey Suit. Acara ini dipandu oleh anggota EXO lainnya, Kai.

Suho yang comeback setelah dua tahun perilisan album pertamanya mengatakan, sangat merindukan penggemarnya yang sudah menantikan karya-karyanya.

Baca juga: Suho EXO Comeback, Rilis Mini Album Bertajuk Grey Suit

"Aku sangat merindukan ini. Aku sangat ingin melihat (penggemarku). Jadi aku sudah mulai bersiap sejak keluar militer," kata Suho dilansir dari AllKpop, Selasa (5/4/2022).

Suho yang baru saja menyelesaikan wajib militer pada Februari 2022 mengaku sangat gugup pada perilisan album mini barunya ini. Ini seperti hal yang baru lagi buatnya.

Mengikuti karya sebelumnya, Suho-lah yang menulis lirik untuk semua lagu di dalam albumnya ini. Mulai dari perencanaan konsep album hingga mengekspresikan sensibilitasnya yang unik.

Baca juga: Suho EXO Rilis Teaser Perdana dan Jadwal Comeback untuk Grey Suit

"Ini adalah album yang berisi banyak warna saya yang berisi cerita yang ingin saya ceritakan selama dua tahun. Sambil merasakan pentingnya waktu, saya banyak merenung dan berpikir tentang bagaimana menyatukan semuanya dengan lebih baik dan membuat banyak orang berempati," ucap Suho.

Suho memanfaatkan waktu selama menjalani wajib militer untuk membuat tema dalam album ini.

Suho bercerita bahwa ia menghabiskan waktu menulis buku harian untuk mencatat berbagai hal.

Baca juga: Daftar Idol Kpop yang Comeback April 2022, Ada BIGBANG dan Suho EXO

"Akibatnya, saya menjadi terobsesi dengan kata waktu. Saya berpikir tentang bagaimana membuat album sambil menunggu tanggal untuk menyelesaikan wajib militer," kata Suho.

Lagu utama dalam albumnya yakni Grey Suit. Lagu ini bergenre rock progresif.

Liriknya bercerita tentang bagaimana kekosongan abu-abu waktu yang sempat terhenti mulai menjadi berwarna setelah bertemu seseorang lagi.

Baca juga: Suho EXO Akan Comeback Solo, Album Pertama Setelah Wamil

"Sebenarnya, selama dua tahun terakhir, dunia telah mengalir dengan indah dan penuh warna, tapi rasanya seperti waktu berhenti hanya untukku. Dunia ini penuh warna, tapi aku merasa hanya Suho yang terjebak dalam abu-abu," tuturnya.

Selain "Grey Suit", ada enam lagu seperti "Morning Star", "Hurdle", "Decanting", "Bear Hug", dan "Moment", dengan tema waktu yang disertakan dalam album ini.

Sementara itu, mini album kedua Suho bertajuk Grey Suit ini telah dirilis melalui berbagai platform musik online pada tanggal 4 April pukul 18.00.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com