Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Video Chef Vindy Lee Ajarkan Cara Makan Nasi Padang Elegan Pakai Garpu dan Pisau

Kompas.com - 03/04/2022, 11:57 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Bagikan pengetahuan soal etika makan atau table manner, Chef Vindy Lee buat heran netizen pengguna media sosial.

Bahkan video yang baru sehari diunggah di TikTok itu kini telah ditonton lebih dari 10 juta kali.

Dalam video di akun TikTok @vindyleetiktok, Vindy Lee memang sering membagikan cara menikmati makanan sesuai etika dan tanpa harus langsung memakai kedua tangan.

Salah satunya adalah cara makan nasi padang tanpa menggunakan tangan.

Di video tersebut Vindy Lee memperlihatkan langkah awalnya, yaitu dengan menekan bungkus nasi.

"Saya pernah diajarin makeup artist saya, agar tidak jatuh-jatuh dikempesin dulu, not bad, wow," ujarnya dalam video tersebut sambil menekan dan membuka bungkus nasi.

Baca juga: Kritik Pedas Uncle Roger Lihat Cara Gordon Ramsay Masak Mi Goreng Indonesia

Untuk memakan nasi sesuai budaya Barat, hanya menggunakan pisau dan garpu. Caranya adalah dengan membalikkan garpu, dan meletakkan nasi di bagian belakang garpu.

"Satu potong rendang ditancap garpu, gunakan pisau, dorong nasi ke rendang, lihat super aman," ujarnya sambil memperlihatkan cara makan nasi Padang dengan garpu dan pisau.

Walaupun memberi contoh cara makan nasi dengan garpu dan pisau sesuai cara makan formal di negara Barat, Chef Vindy mengakui cara makan di setiap negara berbeda-beda.

Video tersebut juga dibuat oleh Vindy untuk menjawab netizen yang penasaran tentang cara makan nasi Padang yang dianggap tidak mungkin bisa mengikuti cara sesuai table manner.

Baca juga: Selain Gordon Ramsay, Uncle Roger Juga Pernah Kritik Jamie Oliver soal Nasi Goreng Telur

"Formal Western dining, seperti British fine dining, cara makan nasi with fork, jarang/ tidak pake sendok. Budaya beda-beda," tulisnya dalam kolom komentar.

Melihat video tersebut, banyak netizen terhibur dan memberikan komentar disertai berbagai emoji menangis hingga tertawa. 

"Keburu harga minyak turun," tulis @mahasiswagendut2.

"Dicoba pas makan sahur kayak gini, pas beres udah Maghrib," tulis @lb_store disertai emoji tertawa.

"Cacing di perut gw keburu demo masal makkk," tulis @azahradanial.

"Kakak ini bales komen yang katanya kalau makan nasi Padang dengan cara elegan itu kayaknya susah, makanya ngasih tips," tulis akun @changweiting_.

@vindyleetiktok Reply to @roseeeeejkjm pretty easy? #nasipadang #tablemanners ? Mozart Minuet with violin(815356) - ????
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com