Kompas.com - 31/03/2022, 20:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengemban tugas barunya sebagai juru bicara Presidensi G20 Indonesia, aktris Maudy Ayunda mengajak seluruh masyarakat Indonesia aktif berpartisipasi menyukseskan perhelatan besar tersebut.

Dalam pidato di Istana Kepresidenan, Maudy Ayunda menuturkan G20 bermanfaat untuk kebangkitan ekonomi masyarakat Indonesia dengan kedatangan ribuan delegasi negara lain ke Tanah Air.

"Kita harus bangga bahwa Indonesia berkesempatan untuk memimpin pembahasan tentang skenario menyelamatkan dunia keluar dari pandemi," kata Maudy Ayunda, Kamis (31/3/2022) seperti tersiar di Radio Trijaya FM.

Baca juga: Kesempatan 20 Tahun Sekali, Maudy Ayunda Langsung Setuju Jadi Jubir Presidensi G20 Indonesia

Ia memaparkan bahwa krisis ekonomi yang berkepanjangan, perubahan iklim, dan transformasi digital adalah isu-isu masa depan.

"Indonesia mengajak seluruh dunia berkolaborasi, pulih bersama dari pandemi Covid-19 dan bersama tumbuh menjadi lebih kuat secara berkelanjutan," ucap Maudy.

Adapun Maudy Ayunda mengaku merasa terhormat dipilih sebagai juru bicara.

Baca juga: Maudy Ayunda Ditunjuk Jadi Jubir Presidensi G20 Indonesia

Ia tak membutuhkan waktu lama untuk menyetujui tawaran tugas tersebut. Apalagi momentumnya hanya 20 tahun sekali.

Recover Together, Recover Stronger menjadi tema yang diusung Presidensi G20 Indonesia.

Tiga isu prioritas di dalamnya adalah penguatan arsitektur kesehatan global, transformasi digital, serta transisi energi. Ketiganya akan dibahas di semua sektor.

Presidensi G20 berlangsung selama setahun penuh, dari 1 Desember 2021 hingga KTT G20 di November 2022.

Baca juga: Buat Ulang Video Klip Datang dan Kembali Bersama Maudy Ayunda, Ekspresi Vidi Aldiano Disorot

Presidensi G20 merupakan forum kerja sama 20 ekonomi utama dunia.

Berdasarkan situs resmi Sherpa G20 Indonesia, G20 adalah kelompok informal dari 19 negara dan Uni Eropa, serta pewakilan dari International Monetary Fund (IMF) dan World Bank (WB).

Negara anggota G20 terdiri dari AS, Kanada, Meksiko, Argentina, Brazil, Inggris, Jerman, Italia, Prancis, Rusia, Afrika Selatan, Arab Saudi, Turki, China, Jepang, Korea Selatan, India, Indonesia, Australia, dan Uni Eropa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.