Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Bruce Willis, Ini 5 Selebritas yang Pernah Mengidap Aphasia

Kompas.com - 31/03/2022, 13:36 WIB
Cynthia Lova,
Andika Aditia

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aktor Bruce Willis baru-baru ini memutuskan untuk pensiun dari dunia akting karena masalah kesehatan yang mempengaruhi kemampuan kognitifnya.

Keluarga Bruce Willis baru-baru ini menceritakan bahwa aktor tersebut mengidap aphasia. Aphasia adalah kondisi yang merampas kemampuan untuk berkomunikasi.

Kondisi tersebut mempengaruhi kemampuan berbicara, menulis, dan memahami bahasa, baik lisan mau pun tulisan. Aphasia biasanya terjadi tiba-tiba setelah stroke atau cedera kepala.

"Sebagai hasil dari ini dan dengan banyak pertimbangan, Bruce mundur dari karier yang sangat berarti baginya," begitu pernyataan keluarga yang dikutip dari People, Kamis (31/3/2022).

"Seperti yang selalu dikatakan Bruce, 'Live it up' dan bersama-sama kami berencana untuk melakukan hal itu," tutup keterangan tersebut seraya membubuhkan nama keluarga termasuk bersama dengan nama-nama mantan istrinya, Demi Moore, putri mereka Rumer, Scout dan Tallulah, serta istrinya saat ini, Emma, dan putri mereka Mabel dan Evelyn.

Baca juga: Gejala dan Penyebab Aphasia, Kondisi yang Dialami Bruce Willis

Tak hanya Bruce Willis, beberapa selebritas lain ternyata juga pernah mengidap aphasia.

1. Sharon Stone

Sharon Stone pernah mengidap aphasia. Pada tahun 2001, bintang Basic Instinct ini dilarikan ke rumah sakit karena stroke yang menyebabkan pendarahan di otak besarnya.

Darahnya mengalami pembekuan selama sembilan hari, dan kemudian menghabiskan dua tahun berikutnya untuk belajar berjalan dan berbicara lagi. Yang dialami Sharon Stone tersebut adalah gejala aphasia.

Stone mengatakan, dia senang sekarang telah mengalami perubahan signifikan yang membaik walau peluang untuk pulih dari stroke seperti yang dia alami sangat rendah.

Meskipun pengalaman berjuang untuk membaca dan berbicara bersifat sementara. Hal itu mengubah cara dia hidup di dunia.

"Saya menjadi lebih cerdas secara emosional," kata Stone kepada ABC News.

"Saya memilih untuk bekerja sangat keras untuk membuka bagian lain dari pikiran saya. Sekarang saya lebih kuat. Dan saya bisa langsung kasar. Itu membuat orang takut, tapi saya pikir itu bukan masalah saya. Ini seperti, saya mengalami kerusakan otak. Anda hanya harus menghadapinya,” ungkap Stone.

2. Emilia Clarke

Kemudian Emilia Clarke pernah mengalami penyakit yang sama.

Setelah menyelesaikan syuting di musim pertama Game of Thrones pada tahun 2011, Clarke mengalami aneurisma yang menyebabkan stroke dan pendarahan subarachnoid.

Baca juga: Didiagnosis Aphasia, Bruce Willis Mundur dari Dunia Akting

Hal itu menyebabkan ia harus operasi otak, dan dua minggu kemudian, dia tidak bisa mengingat namanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com