Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sukses Gelar Konser PTD On Stage di Seoul, Ini Pencapaian dan Rekor yang Dipecahkan BTS

Kompas.com - 14/03/2022, 12:48 WIB
Fitri Nursaniyah

Penulis

KOMPAS.com - BTS sukses menggelar konser Permission To Dance On Stage - Seoul di Jamsil Olympic Stadium selama tiga hari.

Konser BTS Permission To Dance On Stage - Seoul itu digelar pada Kamis, Sabtu, dan Minggu atau 10, 12, dan 13 Maret 2022.

Konser BTS Permission To Dance On Stage - Seoul tak hanya bisa disaksikan secara langsung di Korea, tapi juga bisa disaksikan oleh penggemar di seluruh dunia secara online di Weverse dan live viewing di bioskop.

Penampilan BTS di negaranya sendiri dianggap sangat spesial karena selama tiga hari konser, mereka membawakan beberapa lagu berbeda.

Baca juga: Rekor, BTS Raih 10 Penghargaan di Japan Gold Disc Awards ke-36

Seperti pada hari penutupan konser, di mana BTS menyiapkan lagu-lagu emosional yaitu "Spring Day" dan "We Are Bulletproof: The Eternal".

Konser perdana di Korea Selatan sejak pandemi Covid-19 itu juga memecahkan rekor baru sepanjang sejarah karier BTS di industri musik, berikut rangkumannya dari Kompas.com.

Pendapatan kotor terbesar untuk bioskop

HYBE Label bekerja sama dengan Trafalgar Releasing membuka layar di 3.711 bioskop di 75 negara di dunia untuk konser BTS Permission To Dance On Stage - Seoul live viewing pada Sabtu, 12 Maret 2022.

Baca juga: Lirik Lagu We Are Bulletproof: The Eternal dari BTS

Dilansir dari Deadline, Senin (14/3/2022), penayangan tersebut memecahkan rekor acara bioskop global dengan pendapatan kotor 32,6 juta dollar AS atau setara Rp 467 miliar.

Terdapat 803 bioskop yang dibuka di Amerika Utara dengan pendapatan kotor ditaksir mencapai 6,84 juta dollar AS atau setara Rp 98 miliar.

"Kami senang dengan keberhasilan pemecahan rekor proyek ini, tidak hanya untuk Trafalgar Releasing tetapi juga industri sinema acara secara keseluruhan. Ini adalah bukti fandom ARMY yang sangat berdedikasi dan kembalinya keseluruhan ke bioskop dalam skala global, ”kata CEO Trafalgar Releasing Marc Allenby.

Lebih dari 2 juta penonton dunia

Baca juga: Lirik Lagu Outro: Wings dari BTS

Dilansir dari Yonhap, Senin (14/3/2022), menurut laporan Big Hit Music, secara keseluruhan penonton konser BTS Permission To Dance On Stage - Seoul sebanyak 2.465.000 orang di dunia.

Dengan rincian 45.000 orang menonton secara langsung di Jamsil Olympic Stadium pada 10, 12, dan 13 Maret 2022.

1,2 juta penonton menyaksikan secara online di Weverse pada 10 dan 13 Maret 2022.

Serta 1,4 juta penonton menyaksikan konser BTS live viewing di bioksop yang tersebar di 75 negara.

Baca juga: Diundang Jin, Lee Sang Yeob Bagikan Foto Nonton Konser BTS di Seoul

Ini adalah konser offline perdana BTS di Korea Selatan sejak pandemi Covid-19. Selama acara, penonton dilarang berdiri dan berteriak. Mereka diwajibkan memakai masker dan berekspresi menggunakan clapper.

"Ini adalah tahun ke-10 sejak debut kami, dan ini adalah konser unik tanpa suara yang belum pernah terjadi dalam 10 tahun dan tidak akan ada dalam 10 tahun ke depan," kata BTS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com