Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KBRI Dukung Semua Merek Indonesia yang Dipamerkan di Paris Fashion Week maupun di Paris Fashion Show

Kompas.com - 09/03/2022, 16:31 WIB
Cynthia Lova,
Andika Aditia

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Duta Besar Republik Indonesia untuk Perancis, Mohamad Oemar mendukung sepenuhnya produk lokal yang dipamerkan di Paris.

Baik itu produk yang dipamerkan di Paris Fashion Week yang dinaungi Fédération de la Haute Couture et de la Mode (FHCM). Ataupun produk yang dipamerkan di luar FHCM seperti Paris Fashion Show atau Paris Fashion Week Off Schedule.

“Oh ya, kami mendukung dan kami juga memfasilitasi di sini untuk menghubungkannya dengan potencial target-nya. Kami juga undang ke majalah mode, rumah mode setempat. Dengan begitu mereka melihat juga seperti apa karya yang akan dibawa ke sini,” ujar Oemar saat dihubungi Kompas.com, Rabu (9/3/2022).

Oemar mengatakan, ia juga mendorong setiap peserta yang ikut memamerkan produknya di Paris Fashion Week Off Schedule untuk lebih bagus ke depannya.

Baca juga: Penjelasan Dubes RI untuk Perancis soal Paris Fashion Week dan Paris Fashion Show

Sehingga, produk-produk lokal yang dipamerkan di Paris Fashion Week Off Schedule bisa dilihat dan dikenal masyarakat mancanegara.

“Kami juga akan dorong teman-teman peserta ini maupun asosiasi yang di Jakarta ini bisa lebih bagus lagi ke depan. Dan persiapannya harus lebih awal, breafing-nya juga harus lebih matang dengan pihak-pihak yang di sini,” kata Oemar.

Terakhir, Oemar berharap persiapan Paris Fashion Week Off Schedule selanjutnya bisa lebih matang lagi.

“Nomor satu, menurut saya, kita terus berusaha menampilkan yang terbaik, dan menata persiapannya juga lebih matang, untuk bisa tampil di sini,” ucap Oemar.

Baca juga: 2 Produk Lokal Mejeng di Paris Fashion Week 2022, Dubes RI untuk Perancis: Jadi Representasi Indonesia

“Terutama tentunya yang (produknya tampil di Paris Fashion Week) on schedule, tapi juga tidak kalah penting untuk promo yang off schedule tapi dengan persiapan lebih matang,” tutur Oemar.

Sebelumnya, Oemar menjelaskan perbedaan antara Paris Fashion Week dengan Paris Fashion Show atau Paris Fashon Week Off Schedule.

Brand yang tampil di Paris Fashion Week adalah mereka yang lolos kurasi FHCM.

Dalam program 'Indonesian Designers in Paris by L'Adresse Paris Agency’, brand lokal Sean Sheila dan Jewel Rocky berkesempatan untuk memamerkan karya di showroom di Palais Brogniart.

Baca juga: Reza Arap Tanggapi Kehebohan Perbedaan Paris Fashion Week dan Paris Fashon Show

Sementara, soal acara Paris Fashion Show atau Paris Fashion Week Off Schedule adalah pameran yang diselenggarakan oleh penyelenggara lain, di luar dari FHCM.

Paris Fashion Show diselenggarakan di sela-sela pagelaran Paris Fashion Week.

Brand yang tampil di Paris Fashion Week adalah mereka yang lolos kurasi FHCM.

FHCM atau Fédération de la Haute Couture et de la Mode adalah federasi yang menaungi penyelenggaraan Paris Fashion Week dan telah berdiri sejak 1868.

Baca juga: Sean Sheila di Paris Fashion Week 2022, Brand Lokal Indonesia yang Mendunia

FHCM sendiri berada di bawah pengawasan Kementerian Industri Perancis yang bertujuan dapat mempromosikan budaya Perancis lewat fashion.

Nama Paris Fashion Week sendiri sudah dipatenkan oleh FHCM sehingga desainer atau merek yang bukan bagian dari organisasi tersebut tidak bisa asal mengklaim tampil di ajang Paris Fashion Week.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com