Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Umay Shahab Hampir Mati Saat Syuting 3 Film Garapan Monty Tiwa

Kompas.com - 17/02/2022, 14:37 WIB
Fitri Nursaniyah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara Monty Tiwa menceritakan pengalamannya bekerja dengan aktor Umay Shahab yang baru genap menginjak usia 21 tahun pada Rabu (16/2/2022).

Melalui unggahan di akun Instagramnya, Monty Tiwa bercerita bahwa Umay Shahab telah bekerja dengannya lewat tiga film.

Film pertama adalah Rompis (2018), dilanjut Pohon Terkenal (2019), dan terakhir Mahasiswi Baru (2019). Saat ini Umay Shahab telah sukses menjadi sutradara muda lewat debut film panjangnya Kukira Kau Rumah (2022).

Selama syuting tiga film itu pula, Monty Tiwa mendapati Umay Shahab hampir mati. Penyebabnya beragam, namun alasan utama di balik itu semua adalah rasa takut Umay mengecewakan Monty Tiwa.

Baca juga: Heboh Pengakuan Mantan Vokalis Amigdala, Umay Shahab Ikut Buka Suara

Kata Monty Tiwa, saat syuting film Rompis (2018) Umay hampir mati tenggelam karena berendam di bak mandi hotel di Amsterdam, Belanda.

"Pertama kali menyutradarai Umay di Rompies, dia hampir mati. Baru kemudian saya tahu bahwa sangking letih fisik dan stress, Umay tertidur dan hampir tenggelam saat berendam di bak mandi hotel di Amsterdam, tempat kami shooting saat itu," tulis Monty Tiwa dikutip Kompas.com dari Instagram @montytiwa, Kamis (17/2/2022).

Berselang satu tahun, Monty Tiwa baru diberi tahu oleh orangtua Umay bahwa aktor kelahiran 16 Februari 2001 itu stres karena takut mengecewakannya.

Selanjutnya saat menggarap film Pohon Terkenal, Umay Shahab lagi-lagi nyaris mati karena kelelahan mengikuti latihan fisik taruna kepolisian.

Baca juga: Lewat Kukira Kau Rumah, Umay Shahab Jadi Sutradara Termuda di Deretan Film Box Office Indonesia

Meskipun kondisi Umay tidak baik-baik saja, Monty Tiwa mengaku tidak pernah mendengar Umay mengeluh.

"Dia jalani saja semua ke-amsyongan yg saya tuntut dari aktor-aktor saya. Saya curiga, karna alasan yg sama dia diam saja. Yaitu karna tidak mau mengecewakan saya," tulis Monty Tiwa.

Masih di tahun yang sama, kejadian serupa terulang. Umay Shahab lagi-lagi hampir mati saat melawan fobia ketinggian di tengah syuting film Mahasiswi Baru (2019).

"Saya meminta dia untuk naik menara tertinggi di Universitas Negeri Yogja, dibawah terik matahari, dan dengan kondisi Umay memiliki Phobia ketinggian. Lagi-lagi Umay hampir mati. Dan lagi-lagi dia tidak mau mengecewakan saya," tulis Monty.

Baca juga: Mengenal Umay Shahab, Sutradara Film Kukira Kau Rumah yang Berusia 20 Tahun

Di hari ulang tahun Umay Shahab yang ke-21 tahun, Monty Tiwa mengatakan bahwa satu-satunya hal yang bisa membuatnya kecewa adalah saat Umay berhenti berkarya.

"Maju terus, May. Jalan lo masih panjang banget. Jangan takut mati, May. Tapi takutlah kalau nggak hidup dengan maksimal," tulis Monty.

Tulisan panjang dalam rangka merayakan hari ulang tahun Umay Shahab ala sutradara Monty Tiwa itu sukses membuat Umay terharu.

Dalam kolom komentar unggahan tersebut, Umay mengaku menangis membaca tulisan itu.

Baca juga: Garap Film Kukira Kau Rumah, Umay Shahab Ingin Tingkatkan Kesadaran tentang Kesehatan Mental

"Yang pertama gw nangis, dan yang kedua kenapa harus ada rispo di situ :(((( #np cant stop wont stop," tulis Umay di akun @umayshahab.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by monty tiwa (@montytiwa)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com