3 Dekade Swami, Iwan Fals dan Musica Kemas Kembali Album Swami I dan II dalam Format Vinyl

Kompas.com - 26/01/2022, 18:28 WIB
Penulis Firda Janati
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Musisi kawakan Iwan Fals dengan label Musica Studio's memberikan kejutan spesial untuk penikmat musik Tanah Air.

Lagu yang penuh sarat kritikan terhadap sistem pemerintahan Indonesia pada saat itu, "Bento" dan "Bongkar" memberikan kesan mendalam terutama untuk para fans Iwan Fals dan super grup Swami.

Oleh karenanya, sebagai cara mengenang kembali era itu, Iwan Fals bersama Musica Studio’s meluncurkan album Swami I dan Swami II perdana dalam format piringan hitam (vinyl).

"Musica Studio’s bangga dapat merilis piringan hitam Swami I dan Swami II, tentunya dalam bentuk digital juga sehingga membuat karya dari para living legend menjadi sesuatu yang kekal istimewa untuk penikmat musik Indonesia," ungkap Ibu Indrawati Widjaja selaku Executive Producer dari Musica Studio’s.

Baca juga: 5 Lagu yang Cocok Didengar di Hari Ibu Nasional, dari Melly Goeslaw hingga Iwan Fals

Album bertajuk Swami I dulunya dirilis pada 1990 dan diproduseri Benny Liman.

Album tersebut proyek kolaborasi dari Iwan Fals, Sawung Jabo, Naniel, Nanoe, dan Innisisri yang terbentuk dalam grup musik Swami.

Album ini diisi juga oleh pemain pendukung, Jerry sebagai gitaris dan Tatas sebagai keyboardist.

Album Swami I terbilang sukses dan meledak di pasaran dengan angka penjualan yang sangat fantastis di zaman itu berkat kedua lagu hits "Bento" dan "Bongkar".

Pada 2007, album tersebut mendapatkan peringkat 8 di daftar 150 Album Indonesia Terbaik yang diterbitkan dalam majalah Rolling Stone Indonesia.

Baca juga: Iwan Fals di Mata Reza Rahadian, Sosok yang Selalu Beri Inspirasi dari Berbagai Aspek

Lagu "Bento" dan "Bongkar" juga masuk ke dalam 150 Lagu Indonesia Terbaik versi majalah Rolling Stone Indonesia pada 2009.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.